Contoh Judul PKP

MENINGKATKAN
KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN MERONCE KELOMPOK A DI TKM MUTIARA HATI
ROWOYOSO
TAHUN
2014/2015
Disusun
untuk memenuhi tugas Pemantapan Kemampuan Profesional
(PKP/PAUD
4501)
Program
Studi SI PAUD Universitas Terbuka
Disusun Oleh :
Nama : ..................
NIM. : ...................
Program Studi : S1
PAUD
Masa Ujian : 2014.1
UNIVERSITAS TERBUKA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU
PENDIDIKAN
UNIT PROGRAM BELAJAR JARAK JAUH PURWOKERTO
POKJAR KEDUNGWUNI
PEKALONGAN
TAHUN 2014
HALAMAN PENGESAHAN
Laporan Hasil
Perbaikan :
Nama : ...............
NIM : ...................
Program Studi : S1 PG PAUD
Tempat Mengajar : KBM DEWI MASITHOH
Kecamatan Wiradesa
Tempat Pelaksanaan : TKM MUTIARA HATI
Kecamatan Wonokerto
Tanggal Pelaksanaan :
Siklus I Siklus
II
RKH 1 Tanggal 03
Maret 2014 RKH 1 Tanggal
RKH 2 Tanggal 04
Maret 2014 RKH 2 Tanggal
RKH 3 Tanggal 05
Maret 2014 RKH 3 Tanggal
RKH 4 Tanggal 06
Maret 2014 RKH 4 Tanggal
RKH 5 Tanggal 07
Maret 2014 RKH 5 Tanggal
Masalah yang
merupakan fokus perbaikan :
” Meningkatkan kemampuan
Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Meronce Kelompok A di TKM MUTIARA HATI
Kecamatan Wonokerto”.
Menyetujui Pekalongan,
Supervisor I,
Mahasiswa,
SUKHAERI, M.Pd
NIP.
NIM. 821991865
LEMBAR PERNYATAAN BEBAS PLAGIAT
Saya menyatakan dengan sesungguhnya bahwa Laporan
Praktik Pemantapan Kemampuan Profesional
(PKP) yang saya susun sebagai syarat untuk memenuhi mata kuliah PKP pada
program studi S1 PAUD Universitas Terbuka (UT) seluruhnya merupakan hasil karya
saya sendiri.
Adapun bagian-bagian tertentu dalam penulisan
laporan PKP yang saya kutip dari hasil karya orang lain telah dituliskan dalam
sumbernya secara jelas sesuai dengan norma, kaidah, dan etika penulisan karya
tulis.
Apabila dikemudian hari ditemukan seluruh atau
sebagian laporan PKP ini buka hasil karya saya sendiri atau adanya plagiasi
dalam bagian-bagian tertentu, saya bersedia menerima sanksi, termasuk
pencabutan gelar akademik yang saya sandang sesuai dengan perundang-undangan
yang berlaku.
Pekalongan,
Mahasiswa
KATA PENGANTAR
Puji syukur
kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah- Nya, sehingga
penulisan penelitian tindakan kelas berjudul “ Meningkatkan
Kemampuan Motorik Halus melalui kegiatan Meronce Kelompok A di TKM MUTIARA HATI
kecamatan Wonokerto”. telah selesai.
Laporan ini disusun sebagai syarat menyelesaikan program S1 PAUD Universitas
Terbuka.
Dalam penyusunan laporan ini, penulis banyak sekali menerima bantuan,
bimbingan dan pengarahan dari berbagai pihak yang bersangkutan mulai dari
pelaksanaan, pengumpulan data hingga penyusunan laporan. Untuk itu penulis
mengucapkan terima kasih yang sebanyak-banyaknya kepada :
1.
Bapak Drs.
Badowi, M.Pd selaku Pengelola UT Pokjar Bojong
2.
Bapak
Sukhaeri M.Pd. selaku
Supervisor I .
3.
Ibu Martini, S.Pd.AUD selaku Sepervisor 2.
4.
Kepala dan Guru TKM MUTIARA HATI Wonokerto.
5.
Anak-anak TKM MUTIARA HATI Wonokerto
6.
Rekan
– rekan yang telah membantu penyusunan laporan ini
7.
Semua pihak
yang tidak bisa ditulis satu persatu yang telah memberikan bantuan dalam
penelitian.
Penulis menyadari bahwa penulisan laporan ini masih jauh dari sempurna.
Untuk itu penulis mohon kritik dan saran yang membangun dari pembaca demi
kesempurnaan laporan ini.
Akhirnya penulis berharap semoga laporan ini bermanfaat bagi semua pihak.
Pekalongan,
Penulis
MOTTO
- Kegagalan hanya akan terjadi bila kita menyerah (lessing)
- Kemenangan yang seindah-indahnya dan sesukar-sukarnya yang boleh direbut oleh manusia ialah menundukkan diri sendiri (Ibu Kartini
- Jadikanlah pengalaman baik menjadi sebuah kebiasaan, dan tetap kenang pengalaman buruk, untuk dijadikan pelajaran kedepannya.
PERSEMBAHAN
Laporan penelitian
ini penulis persembahkan untuk :
1.
Suami
yang telah memberikan ijin dalam menempuh pendidikan S1 PAUD.
2.
Orang
tua, yang telah membesarkan dan mengasuh dari kecil serta selalu mendoakan dan
memberikan semangat.
3.
Anak,
yang menjadi semangat untuk menyelesaikan pendidikan S1 PAUD
4.
Kepala
Sekolah dan guru TKM MUTIARA HATI
Wonokerto yang selalu membantu
dalam melaksanakan tugas.
5.
Teman-teman
yang baik, yang telah memberi saran dan bantuan
6.
Pembaca
yang budiman
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL .................................................................................. i
HALAMAN PENGESAHAN..................................................................... ii
HALAMAN PERNYATAAN BEBAS
PLAGIAT ................................. iii
HALAMAN MOTTO.................................................................................. iv
HALAMAN PERSEMBAHAN ................................................................. v
KATA PENGANTAR ................................................................................ vi
DAFTAR ISI ................................................................................................ vii
DAFTAR TABEL ....................................................................................... ix
DAFTAR GAMBAR .................................................................................. x
DAFTAR LAMPIRAN............................................................................... xi
BAB I PENDAHULUAN................................................................................. 1
A. Latar
Belakang Masalah ................................................................... 1
B. Identifikasi Masalah ........................................................................ 3
C. Analisis
Masalah................................................................................ 3
D. Rumusan Masalah............................................................................. 4
E. Tujuan
Penelitian............................................................................... 4
F. Manfaat
Penelitian ............................................................................ 4
BAB II KAJIAN PUSTAKA ........................................................................... 6
A. Pengertian
Anak ............................................................................... 6
B. Perkembangan
Anak Usia Dini.......................................................... 9
C. Upaya
Mengoptimalkan Perkebamgan AUD.................................. 11
D. Pengertian
Model Pembelajaran ..................................................... 12
E. Macam-macam
Model Pembelajaran............................................... 19
BAB III
PELAKSANAAN PENELITIAN ................................................... 22
A. Subjek
Penelitian ............................................................................ 22
B. Deskripsi
Per Siklus......................................................................... 23
BAB IV
HASIL DAN PEMBAHASAN ......................................................... 28
A. Hasil
Perbaikan Dan Pembahasan.................................................... 28
B. Pembahasan..................................................................................... 40
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN ......................................................... 42
A. Kesimpulan ..................................................................................... 42
B Saran................................................................................................ 42
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN...................................................................................................
DAFTAR TABEL
Tabel Halaman
3.1 Data Anak
Didik................................................................................. 34
3.2 Jadwal
Pelaksanaan Perbaikan ............................................................ 35
4.1 Hasil Observasi
Pra Siklus ................................................................. 52
4.2 Prosentase
Minat Anak Pra Siklus ...................................................... 53
4.3 Prosentase
Hasil Belajar Anak Pra Siklus ........................................... 53
4.4 Hasil
Observasi Anak Siklus I............................................................. 56
4.5 Prosentase
Minat Anak Pra Siklus I .................................................. 57
4.6 Prosentase
Keberhasilan Anak Siklus I.............................................. 57
4.7 Rekap
Prosentase Hasil Observasi Minat Anak Pra Siklus dan Siklus I
57
4.8 Rekap
Prosentase Hasil Observasi Hasil Belajar Anak Pra Siklus dan Siklus I
57
4.9 Hasil
Observasi Anak Siklus II ........................................................... 62
4.10 Prosentase
Observasi Minat Siklus II................................................. 63
4.11 Prosentase
Observasi Hasil Belajar Anak Siklus II............................. 63
4.12 Rekap
Prosentase Hasil Observasi Minat Anak Pra Siklus, Siklus I dan
Siklus II 63
4.13 Rekap
Prosentase Hasil Observasi Hasil Belajar Anak Pra Siklus Siklus I
dan Siklus II 63
DAFTAR GAMBAR
Gambar
Halaman
4.1 Prosentase
Minat Anak Pra Siklus....................................................... 54
4.2 Prosentase
Hasil Belajar Anak Pra Siklus............................................ 54
4.3 Prosentase
Minat Anak Siklus I........................................................... 58
4.4 Prosentase
Hasil Belajar Anak Siklus I ............................................... 58
4.5 Prosentase
Perbaikan Minat Anak Pra Siklus dan Siklus I ................. 59
4.6 Prosentase
Perbaikan Hasil Belajar Anak Pra Siklus dan Siklus I ...... 59
4.7 Prosentase
Minat Anak Siklus II ........................................................ 64
4.8 Prosentase
Hasil Belajar Anak Siklus II ............................................. 64
4.9 Prosentase
Perbaikan Minat Anak Pra Siklus, Siklus I dan Siklus II..
65
4.10 Prosentase
Perbaikan Hasil Belajar Anak Pra Siklus , Siklus I dan Siklus II
65
DAFTAR LAMPIRAN
1.
Surat
Kesediaan Sebagai Penilai Dalam Penyelenggaraan PKP
2.
Surat
Pernyataan
3.
Rencana
Kegiatan Pra Siklus
4.
Hasil
Observasi anak Pra siklus
5.
Rancangan
Satu Siklus
6.
Rencana
Kegiatan
Siklus I
7.
Rencana
Kegiatan Harian (RKH) Siklus I
8.
Lembar
Refleksi Setelah Melakukan Perbaikan Kegiatan Pengembangan Siklus I
9.
Skenario Perbaikan Siklus I
10.
Hasil
Observasi Anak Siklus I
11.
Hasil
Observasi Guru Siklus I
12.
APKG I Siklus I
13.
APKG II Siklus I
14.
Rancangan Kegiatan Siklus II
15.
Rencana Kegiatan Siklus II
16.
Rencana
Kegiatan Harian (RKH) Siklus II
17.
Lembar
Refleksi Setelah Melakukan Perbaikan Kegiatan Pengembangan Siklus II
18.
Skenario Perbaikan Siklus II
19.
Hasil
Observasi Anak Siklus II
20.
Hasil
Observasi Guru Siklus II
21.
APKG I Siklus II
22.
APKG II Silus II
23.
Hasil Karya Anak
24. Foto Kegiatan
Good
ReplyDelete