Contoh Makalah



BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Masa Usia Dini adalah masa dimana perkembangan fisik dan kemampuan anak berlangsung sangat cepat, salah satu perkembangan yang sedang berlangsung pada diri anak TK adalah perkembangan motoriknya. Usia dini merupakan masa keemasan (the golden age) namun sekaligus periode yang sangat kritis dalam tahap perkembangan manusia. Perkembangan anak usia dini sangat berpengaruh dan sangat menentukan kualitas kesehatan, intelegensi, kematangan emosional, dan produktivitas pada tahap selanjtnya.
Kelompok Bermain merupakan salah satu bentuk pendidikan anak usia dini jalur pendidikan non formal yang memberikan layanan pendidikan bagi anak usia 2-6 tahun, untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan anak agar kelak lebih siap untuk memasuki pendidikan lebih lanjut. Kelompok Bermain Siti Khadijah merupakan kelompok bermain yang terletak di Kelurahan Kepatihan Kecamatan Wiradesa Kabupaten Pekalongan, yang telah menggunakan Permendiknas 58/2009 dalam penyelenggaraannya. Aspek pengembangan yang dilakukan di Kelompok Bermain Siti Khadijah adalah pengembangan kegiatan bergerak melalui irama musik dimana setiap harinya kegiatan bergerak melalui irama musik menggunakan CD Player dan Televisi. Dari kegiatan pengembangan fisik motorik, setelah mendengar cerita dari guru di Kelompok Bermain Siti Khadijah penulis berencana untuk melakukan Observasi mengenai kegiatan bergerak melalui irama musik.
Mata Kuliah Analisis dalam program pendidikan S1-PG PAUD Universitas Terbuka merupakan mata kuliah yang membelajarkan mahasiswa untuk dapat melakukan suatu penelitian mengenai kegiatan-kegiatan pembelajaran yang perlu dilakukan penelitian dan untuk dapat di analisis secara kritis guna mengetahui sejauh mana keefektifan kegiatan dalam Kelompok Bermain Siti Khadijah

B.     Fokus Penelitian
            Setelah di adakan observasi dengan guru KB Siti Khadijah, maka yang menjadi fokus penelitian adalah kegiatan bergerak melalaui irama musik.

C.    Tujuan Penelitian
Adapun tujuan dalam Penelitian ini adalah mengumpulkan data mengenai:
1.         Proses kegiatan mengajar di Kelompok Bermain Siti Khadijah Kepatihan Wiradesa Pekalongan
2.         Media yang digunakan dalam kegiatan “Bergerak Melalui Irama Musik”
3.         Alasan pendidik melakukan kegiatan “Bergerak Melalui Irama Musik”.
4.         Tujuan pendidik melakukan kegiatan “Bergerak Melalui Irama Musik”.

D.    Manfaat Penelitian
Penelitian ini di harapkan dapat memberikan Manfaat penelitian untuk:
1.    Kelompok Bermain Siti Khadijah Kepatihan dalam memilih dan menerapkan kegiatan pengembangan yang akan dilakukan
2.    Mahasiswa S1-PG PAUD dalam menganalisis dalam temuan masalah dalam kegiatan belajar mengajar dapat menerapkan penelitian tindakan kelas  dengan profesionalismenya.
3.    Semua guru yang menjadi wahana dalam pengembangan kemampuan menganalisis kegiatan belajar mengajar di lembaga PAUD
  
BAB II
LANDASAN TEORI

A.    Pengertian MotorikKasar
Menurut buku balita dan perkembangannya (Sujiono, 2001 – 1:11) perkembangan motoric anak terbagi menjadi dua bagian yaitu Motorik kasar dan Motorik Halus.
Motorik kasar adalah kemampuan yang membutuhkan koordinasi sebagian besar bagian tubuh anak, biasanya memerlukan tenaga karena dilakukan oleh otot yang lebih besar, seperti: meloncat, memanjat, berlari, menaiki sepeda dan lain-lain.
Untuk merangsang motorik kasar anak menurut hadis (2003) dapat dilakukan dengan melatih anak untuk meloncat, memanjat, memeras, bersiul, membuat ekspresi muka senang, sedih, gembira, berjinjit dan sebainya.
Gerakan motorik kasar melibatkan aktifitas otot tangan, kaki dan seluruh tubuh anak, dan motorik kasar seringnya berkembang dulu dari pada motorik halus anak.
Menurut Seefelt Moelichatoen, 1999 (dalam Sujiono, 2010,1), menggolongkan 3 keterampilan motorik anak, yaitu:
1.    Keterampilan Lokomotorik : Berjalan, lari, meloncat, meluncur
2.    Keterampilan non-lokomotorik : gerak diam ditempat seperti, mengangkat mendorong, menarik, berayun
3.    Keterampilan memproyeksi dan menerima/menangkap benda : menangkap, melempar

Dalam buku anak pra sekolah (2000) tertulis bahwa masa 5 tahun pertama adalah masa pesatnya perkembangan motorik anak. Perkembangan motorik erat kaitannya dengan perkembangan pusat motorik di otak. Jadi otaklah yang berfungsi sebagai bagian dari susunan syaraf yang mengatur dan mengontrol semua aktifitas fisik dan mental seseorang adapun gerak merupakan unsur utama dalam pengembangan motorik anak.
B.     Pengertian Gerak dengan Irama
Gerakan dapat didefinisikan sebagai perubahan posisi atau perubahan sikap sedangkan irama adalah suatu keadaan gerak, bunyi yang teratur, dan tetap anatanya. Sehingga yang dinamakan gerak berirama adalah perubahan posisi sesuai bunyi yang teratur.
Pola gerak dasar di bagi menjadi 3 bentuk, yaitu:
1.    Gerak lokomotor (gerakan berpindah tempat)
2.    Gerak non lokomotor (tidak berpindah)
3.    Manipulatif (dimana ada sesuatu yang digerakkan)

Menurut Sayuti Sahara (2003) gerak lokomotor merupakan gerak dasar yang menjadi pondasi pada anak usia dini, contohnya: berjalan, berlari, meloncat dan memanjat.

C.    Alat Penilaian dalam Pengembangan Fisik Motorik
1.      Pengematan atau Observai
2.      Catatan Anekdot
3.      Portofolio

Sedangkan prinsip penilaian yang harus diperhatikan dalam kegiatan penilaian adalah menyeluruh, berkesinambungan, berorientasi pada proses tujuan, objektif, mendidik, kebermaknaan dan kesesuaian.
Adapun manfaat motorik bagi anak sangatlah besar yaitu berperan penting untuk menjaga kesehatan tubuh anak dan bermanfaat untuk pertumbuhan aspek-aspek kemampuan anak lainnya, seperti aspek perkembangan kognitif dan sosial emosional anak.

 BAB III
METODOLOGI PENELITIAN

A.    Subyek Penelitian
Subyek penelitian ini adalah anak-anak usia 3-4 tahun di Kelompok Bermain Siti Khadijah Kepatihan, Wiradesa Kabupaten Pekalongan

B.     Metode Penelitian
Penelitian ini menggunakan interpretative yaitu menginterpretasikan data mengenai fenomena atau gejala yang diteliti di lapangan yaitu pengembangan fisik motorik dalam kegiatan “bergerak melalui irama musik”

C.    Instrumen Penelitian
Instrumen yang di gunakan dalam penelitian ini adalah:
1.      Observasi (Pengamatan) yaitu suatu teknik yang dapat dilakukan guru untuk mendapatkan berbagai informasi atau data tentang perkembangan atau permaalahan anak. Observasi dilakukan dengan cara mengamati tidak melakukan percakapan.
Adapun kelebihan dari observasi adalah waktu yang digunakan tidak terlalu lama, memungkinkan pencatatan yang serempak, tidak membutuhkan biaya besar dan hanya dilakukan dengan cara mengamati. Sedangkan kelemahan Observasi adalah:
a.       Guru hanya mengamati perilaku yang nampak pada anak
b.      Perilaku yang tampak belum tentu menggambarkan masalah
c.       Kejadian yang hendak di Observasi tidak selalu dapat diramalkan sebelumnya
d.      Observasi banyak tergantung pada faktor-faktor yang tidak dapat di kontrol.
2.      Wawancara (Percakapan) yaitu suatu teknik pengumpulan data yang dapat dilakukan guru untuk mendapatkan informasi tentang perkembangan atau permasalahan anak dengan cara melakukan percakapan langsung. Teknik wawancara terdiri atas dua bentuk yaitu, wawncara struktur dan wawancara tak struktur.
Wawancara terstruktur adalah wawancara dengan menggunakan daftar pertanyaan tertulis (Koesioner) dan jawabannya sudah disediakan dalam bentuk skala.
3.      Dokumentasi, yaitu untuk mengumpulkan data dengan cara mengalir atau mengambil data-data dari catatan, dokumentasi, administrasi, yang sesuai dengan masalah yang diteliti. Dalam hal ini dokumentasi diperoleh melalui dokumen atau arsip dari lembaga yang diteliti yaitu Kelompok Bermain Siti Khadijah.
 BAB IV
ANALISIS DATA

A.  Tabulasi Data
Observasi
Wawancara dengan guru
Wawancara dengan Pimpinan KB
Dokumentasi
Model pengembangan kegiatan klasikal
Di KB yang kami asuh menggunakan model pengembangan klasikal karena kondisi tempat yang tidak memungkinkan
Di KB yang kami asuh masih menggunakan model klasikal karena mengingat kondisi yang tidak memadai

APE luar di pajang di luar kelas
Di KB yang kami asuh APE luar di pajang di luar hanya 2 permainan karena tidak punya halaman yang luas
APE tidak banyak seperti di Sekolah lain karena sekolah kami tidak mempunyai halaman yang luas.

Dalam kegiatan pembelajaran anak diminta bergerak sesuai irama
Di KB selain bidang keagamaan seperti do’a –do’a pendek atau shalawat kami juga menerapkan kegiatan bergerak sesuai irama musik.
Selain bidang agama yang saya tekankan juga bidang lain yang dapat menunjang perkembangan anak
RKH
Guru menggunakan CD dan Televisi
Pembelajaran yang kami berikan adalah bergerak melalui irama musik
Materi pembelajaran yang kami berikan bergerak melalui irama musik, karena untuk melatih kemampuan fisik motorik atau motorik kasar anak.
RKH
Anak berdiri berbaris di depan layar televisi di ruang kelas
Kami mengkondisikan anak tetap diruang kelas karena kami tidak mempunyai halaman yang luas
Kami melaksankan kegiatan bergerak melalui irama musik tetap di ruang kelas karena kami tidak memiliki halaman yang luas

Pendidik membariskan anak-anak
Kegiatan membariskan selalu kami lakukan di awal kegiatan
Berbaris adalah kewajiban yang harus kami lakukan setiap hari di awal kegiatan

Ada satu wali murid yang berada di ruang kelas
Kegiatan orang tua murid Cuma untuk menemani karena anaknya rewel tidak mau di tinggal ibunya
Satu wali murid itu sudah sering kami ingatkan untuk meninggalkan ruang kelas tetapi masih saja belum bisa

Guru mengevaluasi anak setelah selesai kegiatan dilakukan
Kami selalu memberi penilaian pada anak yang telah selesai dalam melakukan tugas.
Kami memberikan penilaian berupa 5 tempat gambar bintang di tangan ank. Selain fisik motorik kami memberi bintang di lembar tugas.


B.     Analisis Kritis
Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa kegiatan bergerak melalui irama musik merupakan sesuatu kegiatan yang bertujuan untuk melatih keterampilan gerak dan fisik anak dalam menjaga kesehatan tubuh. Kegiatan pengembangan kemampuan bergerak melalui irama musik anak di Kelompok Bermain Siti Khadijah merupakan kegiatan dalam mengembangkan kemampuan fisik motorik anak yang tercantum dalam dokumen pembelajaran pada Kelompok Bermain Siti Khadijah Kepatihan Kecamatan Wiradesa Kabupaten Pekalongan.
Guru Kelompok Bermain Siti Khadijah selalu memprioritaskan pembelajaran yang mengembangkan kemampuan fisik motorik kasar seperti halnya bergerak melalui irama musik. Buku balita dan perkembangannya (dalam Sujiono, 2001), mengatakan bahwa perkembangan motorik anak ada 2 yaitu motorik kasar dan motorik halus.
Di Kelompok Bermain Siti Khadijah pendidik dan kepala KB selalu memberikan penghargaan (reeward) kepada setiap anak setelah mengerjakan tugas yang diminta oleh guru. Menurut Saeful Bahri D. (1997) dengan memberikan penghargaan akan dapat meningkatkan rasa percaya diri anak, semangat anak dalam belajar dan anak merasa bangga serta menghargai guru yang memberikan penghargaan tersebut, sehingga pemberian penghargaan merupakan suatu upaya memotivasi anak dalam kegiatan belajar.
Menurut penulis kegiatan bergerak sesuai Irama Musik di KB Siti Khadijah Kepatihan berjalan dengan baik, hampir seluruh siswa dan guru melakukannya, meski di laksanakan di ruang kelas karena di KB tidak mempunyai halaman luas.
BAB V
KESIMPULAN DAN SARAN

A.      Kesimpulan
Dari Tabulasi analisis data dapat disimpulkan beberapa hal, yaitu sebagai berikut:
1.         KB Siti Khadijah menerapkan pembelajaran bergerak melalui irama musik dengan tujuan untuk melatih keterampilan gerak dan fisik anak dalam menjaga kesehatan tubuh.
2.         Penggunaan metode praktek langsung dalam kegiatan bergerak melalui irama musik dapat meningkatkan keterampilan gerak anak dan juga dapat menjaga kesehatan tubuh anak itu sendiri.
3.         Dengan pemberian penghargaan berupa pujian atau nilai bintang pada anak dapat meningkatkan rasa percaya diri anak, minat belajar anak dan motivasi anak dalam kegiatan bergerak melalui irama musik di KB Siti Khadijah

B.       Saran-saran
1.    Untuk anak
Dalam kegiatan belajar sebaiknya juga di kembangkanmelalui metode lainnya seperti kegiatan bermain dalam suasana belajar yang menyenangkan
2.    Untuk Pendidik
Untuk meningkatkan minat anak dalam bergerak melalui irama musik di KB Siti Khadijah ada baiknya pendidik menggunakan tempat yang luas sehingga anak bergerak dengan leluasa.
3.    Untuk Lembaga
Dalam mengembangkan keterampilan fisik motorik berupa bergerak melalui irama musik hendaklah KB Siti Khadijah mempunyai halaman yang luas sehingga anak akan leluasa dan bebas bergerak serta anak akan menjadi lebih senang.

Comments

Popular Posts