OBSERVASI KEGIATAN PENGEMBANGAN
OBSERVASI KEGIATAN PENGEMBANGAN
DI TPA ASH SHIBYAN
TPA : Ash
Shibyan
Tanggal
: 12
Mei 2015
No
|
Hal-hal unik/menarik yang ditemukan dalam :
|
Data
|
Keterangan / Uraian, Pertanyaan
|
|
Ya
|
Tidak
|
|||
1.
|
Model Pengembangan Kegiatan
|
ü
|
Model pengembangan sentra
Pertanyaan : mengapa memilih menggunakan sentra?
|
|
Penataan
Ruangan
|
ü
|
Ruangan ditata sesuai dengan sentra masing-masing
Pertanyaan : Bagaimana cara menata sentra?
|
||
2.
|
Metode
Mengajar
|
Metode yang dilakukan
sesuai dengan kegiatan yang dilaksanakan, metode bercerita, bernyanyi, tanya
jawab, bercakap-cakap bermain
|
||
3
|
Kegiatan
yang dilakukan anak
|
Anak-anak
mendengar cerita guru
|
||
4.
|
Kegiatan
belajar mengajar
|
Bercerita
|
||
5
|
Pengaturan
atau pengelompokan anak
|
Dalam sentra seni dan kreatifitas ada 14 anak dalam
satu kelas
Pertanyaan : Bagaimana cara membagi kegiatan mainnya?
|
||
6
|
Media
yang digunakan
|
Buku
Cerita Bergambar
Pertanyaan:
Mengapa
tidak menggunakan media lain?
|
||
7
|
Cara
pendidik melakukan atau memimpin kegiatan
|
Pendidik
mengajak anak bernyanyi kemudian pendidik memulai bercerita setelah selesai
pendidik mengadakan tanya jawab kepada anak tentang isi cerita.
Pertanyaan:
bagaimana
cara memimpin kegiatan?
|
||
6.
|
Evaluasi
Kegiatan Anak
|
Di
sentra seni dan kreatifitas yang dinilai adalah moral agama, bahasa,
kognitif, fisik, motorik halus, sosial emosional.
|
WAWANCARA PENELITI DENGAN PENDIDIK
TPA AISYIYAH DESA PENCONGAN WIRADESA
TPA :
Ash Shibyan Pencongan
Tanggal :
12 Mei 2015
Laila Murada :
Assalamu ’alaikum Wr. Wb.
Pedidik TPA :
Wa’alikum salam Wr.Wb
Laila Murada :
Bu, bolehkah anda meluangkan waktunya sebentar untuk wawancara tentang TPA Ash
Shibyan ini?
Pendidik TPA :
Oh ya, Silahkan?
Laila Murada :
Berapa usia peserta didik di TPA Ash Shibyan yang ibu asuh ini?
Pendidik TPA :
Usia 2 – 6 tahun.
Laila Murada :
Berapa jumlah Jumlah anak untuk Usia 2-3 tahun di TPA?
Pendidik TPA :
16 anak, sesuai dengan data yang terlampir.
Laila Murada :
Mengapa di TPA ini menggunakan model pengembangan kegiatan menggunakan sentra?
Pendidik TPA :
Agar anak mempunyai pilihan sendiri dalam pembelajaran dengan keinginan
masing-masing anak serta kegiatan belajarpun menjadi mudah dan terarah.
Laila Murada :
Bagaimana cara menata ruangan sentra?
Pendidik TPA :
Ruang sentra di setting sesuai dengan tema
Laila Murada :
Bagaimana cara membagi kegiatan mainnya?
Pendidik TPA :
Guru sentra menggunakan rumus densitas dan intensitas jadi kalau ada 14 anak
seharusnya kita ada 10 kegiatan main tapi karena kondisi dan prasarana dalam
tema ini kurang maka akhirnya guru hanya memfasilitasi 6 kegiatan main
Laila Murada :
Tadi saya melihat ada kegiatan Bercerita?
Pendidik TPA :
Ya, itu salah satu kegiatan pembelajaran di TPA kami.
Laila Murada :
Mengapa menggunakan buku cerita bergambar tidak menggunakan media lain?
Pendidik TPA :
karena buku cerita bergambar adalah media belajar yang sederhana, apa adanya
atau sesuai dengan situasi atau keadaan yang ada, dapat dipegang dan diraba
serta mudah dimengerti oleh anak
Laila Murada :
Bagaimana cara pendidik memimpin kegiatan?
Pendidik TPA :
Pendidik
mengajak anak bernyanyi kemudian pendidik memulai bercerita setelah selesai
pendidik mengadakan tanya jawab kepada anak tentang isi cerita
Laila Murada :
Baiklah, dari kami mengucapkan banyak terima kasih kepada Ibu yang berkenan
menjawab pertanyaan dari kami, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan untuk
kami. Wasaalamu ‘alaikum.
Pendidik TPA :
Wa’alikum salam.
WAWANCARA PENELITI DENGAN KEPALA
TPA AISYIYAH DESA PENCONGAN WIRADESA
TPA :
Ash Shibyan Pencongan
Tanggal :
12 Mei 2015
Laila Murada :
Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Kepala TPA :
Wa’alikum salam Wr.Wb
Laila Murada :
Setelah Observasi di TPA ibu, ada beberapa yang ingin saya tanyakan kepada ibu
mengenai TPA Aisyiyah ini, bersediakah ibu menjawab?
Kepala TPA :
Oh ya, saya bersedia menjawab?
Laila Murada :
Siapa yang merancang program tersebut?
Kepala KB :
Kepala, Pendidik dan Pengurus TPA
Laila Murada :
Mengapa di TPA ini menggunakan model pengembangan kegiatan menggunakan sentra?
Kepala TPA :
Agar anak senang karena di sentra mempunyai banyak pilihan kegiatan sehingga
anak bebas memilih kegiatan yang di minati anak.
Laila Murada :
Bagaimana cara menata ruangan sentra?
Kepala KB :
Ruang sentra di setting sesuai dengan tema saat itu dan disesuaikan dengan
kebutuhan masing-masing sentra
Laila Murada :
Bagaimana cara membagi kegiatan mainnya?
Kepala TPA :
Guru sentra menggunakan rumus densitas dan intensitas
Laila Murada :
Mengapa ada kegiatan Bercerita?
Kepala TPA :
Ya, memang bercerita salah satu kegiatan pembelajaran di TPA kami
Laila Murada :
Mengapa menggunakan Buku cerita bergambar tidak dengan media?
Kepala TPA :
Karena agar mudah dipahami anak lewat gambar di buku tersebut.
Laila Murada :
Bagaimana cara pendidik memimpin kegiatan?
Kepala TPA :
Anak diajak untuk bernyanyi bersama kemudian mendengarkan cerita. Setelah itu
anak diajak untuk tanya jawab tentang isi cerita
Laila Murada :
Kami mengucapkan terima kasih atas partisipasi dan jawaban di tiap pertanyaan
yang kami sampaikan, semoga bermanfaat bagi kami
Kepala TPA :
Ya sama-sama.
Comments
Post a Comment