Contoh RPPH Terbaru
Model Sentra PERSIAPAN
Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH)
KELOMPOK BERMAIN
DEWI MASITOH
Semester
/ bulan/Minggu ke : I/ OKTOBER/
XIII
Hari
/ Tanggal : SELASA /
18 OKTOBER 2016
Kelompok
/ Usia : A1/ 3-4 tahun
Tema
/ Sub Tema : TATA TERTIB DI RUMAH
Materi dalam kegiatan :
1.
Doa
sebelum dan sesudah belajar
2.
Menunjukkan
waktu bangun tidur dengan maket
3.
Mewarnai
gambar anak yang merapikan mainan
4.
Menulis
angka pada jam
Materi yang masuk dalam pembiasaan:
1.
Anak dapat mematuhi
tata tertib di PAUD
2.
Mengucapkan salam
masuk dalam SOP penyambutan dan penjemputan
3.
Doa
sebelum belajar dan mengenal aturan masuk ke dalam SOP pembukaan
4.
Mencuci
tangan masuk dalam SOP Mencuci tangan
Alat dan Bahan :
1.
Maket jam untuk kegiatan menunjukkan waktu bangun tidur (06.00)
2.
Kertas bergambar, krayon untuk kegiatan
mewarnai gambar anak yang merapikan mainannya
3.
Kertas dengan pola
lingkaran, pensil, maket jam untuk kegiatan menulis angka
4.
Jam
dinding untuk melihat jarum jam
Berbaris,
Senam Pagi, Asmaul Khusna dan mengucapkan Ikrar
Masuk dalam
SOP Jurnal Pagi
A. Pembukaan (30 menit)
1. Doa sebelum belajar
2. Bernyanyi “bangun tidur”
3. Tanya jawab tentang bangun tidur jam berapa?
4. Mengenalkan aturan
bermain
5. Berdiskusi tentang merapikan alat main setelah digunakan
6. Berdiskusi tentang memberi angka pada jam
B.
Inti
(60 menit)
1. Anak
mengamati :
a. Maket
jam
b. Angka
pada jarum jam
c. Jam
asli
2. Anak
bertanya :
Bagaimana jarum jam 06.00 ( waktu bangun
tidur )
3. Anak
mengumpulkan informasi :
Guru memberikan contoh
memutar jarum jam pada angka 06.00
4. Anak
menalar :
Anak menggunakan maket jam untuk melihat angka pada jam
5. Anak
Mengkomunikasikan :
Kegiatan di sentra persiapan : mewarnai
gambar anak yang merapikan mainan
Recalling
1. Menanyakan kegiatan apa saja yang dimainkan
anak
2. Menguatkan konsep bangun tidur pagi
3. Menguatkan konsep merapikan alat main
4. Menguatkan konsep angka
C.
Istirahat
(30 Menit)
1. Mencuci tangan masuk dalam SOP cara mencuci
tangan
2. Doa Sebelum makan masuk dalam SOP Kegiatan
Makan
3. Makan bekal atau beli di kantin TK masuk dalam
SOP Kegiatan Makan
4. Doa setelah makan masuk dalam SOP Kegiatan
Makan
5. Bermain Bebas Masuk dalam SOP jurnal Siang
D. Penutup (15 menit)
1. Menanyakan perasaan selama hari ini
2. Berdiskusi kegiatan apa saja yang sudah
dimainkan hari ini, mainan apa yang paling disuka
4. Bercerita
pendek yang berisi pesan-pesan
5. Menginformasikan
kegiatan untuk esok hari
6. Berdoa
setelah belajar.
E.
Rencana
Peniaian
1. Indikator yang dinilai :
Prog. Pengemb
|
KD
|
Indikator
|
NAM
|
2.13
|
Anak berterus terang (bangun pagi/siang)
|
|
|
|
|
|
|
Motorik
|
2.1
|
Anak dapat merawat diri (ke sekolah sudah mandi,
|
|
Gosok gigi)
|
|
|
|
|
Kognitif
|
2.2
|
Anak dapat menunjukkan waktu bangun tidur
|
3.6, 4.6
|
Anak dapat menulis angka pada gambar jam
|
|
|
|
|
Sosial
Emosional
|
2.7
|
Anak dapat mengerti tata tertib
di PAUD
|
|
Muslimat NU Sijambe
|
|
|
|
|
Seni
|
2.4
|
Anak
dapat merapikan, krayon dirapikan seperti semula
|
|
|
|
|
|
|
Bahasa
|
3.10, 4.10
|
Anak
dapat melakukan sesuai perintah (mewarnai gambar
|
|
Anak
yang merapikan mainan)
|
|
|
|
|
Ke NU an
|
D.3
|
Anak dapat menghafal doa keluar rumah
|
2. Teknik penilaian yang akan digunakan:
a. Catatan harian
b. Catatan hasil karya
c. Catatan anecdotal
d. Observasi
Comments
Post a Comment