Contoh RPPH Terbaru



Model Sentra PERSIAPAN      
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH)
KELOMPOK BERMAIN DEWI MASITOH

Semester / bulan/Minggu ke                    :    I/ OKTOBER/ XIII
Hari / Tanggal                                           :    SELASA / 18 OKTOBER 2016
Kelompok / Usia                                        :    A1/ 3-4 tahun
Tema / Sub Tema                                      :    TATA TERTIB DI RUMAH

Materi dalam kegiatan :
1.        Doa sebelum dan sesudah belajar
2.        Menunjukkan waktu bangun tidur dengan maket
3.        Mewarnai gambar anak yang merapikan mainan
4.        Menulis angka pada jam
Materi yang masuk dalam pembiasaan:
1.        Anak dapat mematuhi tata tertib di PAUD
2.        Mengucapkan   salam   masuk   dalam   SOP  penyambutan dan penjemputan
3.        Doa sebelum belajar dan mengenal aturan masuk ke dalam SOP pembukaan
4.        Mencuci tangan masuk dalam SOP Mencuci tangan
Alat dan Bahan :
1.        Maket jam untuk kegiatan menunjukkan waktu bangun tidur (06.00)
2.        Kertas bergambar, krayon untuk kegiatan mewarnai gambar anak yang merapikan mainannya
3.        Kertas dengan pola lingkaran, pensil, maket jam untuk kegiatan menulis angka
4.        Jam dinding untuk melihat jarum jam
Berbaris, Senam Pagi, Asmaul Khusna dan mengucapkan Ikrar
Masuk dalam SOP Jurnal Pagi

A.       Pembukaan (30 menit)
1.      Doa sebelum belajar
2.      Bernyanyi “bangun tidur”
3.      Tanya jawab tentang bangun tidur jam berapa?
4.      Mengenalkan aturan bermain
5.      Berdiskusi tentang merapikan alat main setelah digunakan
6.      Berdiskusi tentang memberi angka pada jam
B.        Inti (60 menit)
1.  Anak mengamati :
     a. Maket jam
     b. Angka pada jarum jam
     c. Jam asli
2.  Anak bertanya :
     Bagaimana jarum jam 06.00 ( waktu bangun tidur )
3.  Anak mengumpulkan informasi :
     Guru memberikan contoh memutar jarum jam pada angka 06.00
4.  Anak menalar :
     Anak menggunakan maket jam untuk melihat angka pada jam
5.  Anak Mengkomunikasikan :
     Kegiatan di sentra persiapan : mewarnai gambar anak yang merapikan mainan



Recalling
1.    Menanyakan kegiatan apa saja yang dimainkan anak
2.    Menguatkan konsep bangun tidur pagi
3.    Menguatkan konsep merapikan alat main
4.    Menguatkan konsep angka
C.        Istirahat (30 Menit)
1.  Mencuci tangan masuk dalam SOP cara mencuci tangan
2.  Doa Sebelum makan masuk dalam SOP Kegiatan Makan
3.  Makan bekal atau beli di kantin TK masuk dalam SOP Kegiatan Makan
4.  Doa setelah makan masuk dalam SOP Kegiatan Makan
5.  Bermain Bebas Masuk dalam SOP jurnal Siang
D.       Penutup (15 menit)
1.  Menanyakan perasaan selama hari ini
2.  Berdiskusi kegiatan apa saja yang sudah dimainkan hari ini, mainan apa yang paling disuka
4.  Bercerita pendek yang berisi pesan-pesan
5.  Menginformasikan kegiatan untuk esok hari
6.  Berdoa setelah belajar.
E.        Rencana Peniaian
1. Indikator yang dinilai :
Prog. Pengemb
KD
Indikator
NAM
2.13
Anak berterus terang (bangun pagi/siang)




Motorik
2.1
Anak dapat merawat diri (ke sekolah sudah mandi,

Gosok gigi)


Kognitif
2.2
Anak dapat menunjukkan waktu bangun tidur
3.6, 4.6
Anak dapat menulis angka pada gambar jam


Sosial Emosional
2.7
Anak dapat mengerti tata tertib di PAUD

Muslimat NU Sijambe


Seni


2.4
Anak dapat merapikan, krayon dirapikan seperti semula




Bahasa
3.10, 4.10
Anak dapat melakukan sesuai perintah (mewarnai gambar

Anak yang merapikan mainan)


Ke NU an
D.3
Anak dapat menghafal doa keluar rumah

2. Teknik penilaian yang akan digunakan:
a.    Catatan harian
b.    Catatan hasil karya
c.    Catatan anecdotal
d.    Observasi 









Comments

Popular Posts