CONTOH BAB I PENDAHULUAN MAKALAH ANALISIS



BAB I
PENDAHULUAN

A.      LATAR BELAKANG
Pendidikan adalah hak warga negara, tidak terkecuali pendidikan di usia dini merupakan hak warga negara dalam mengembangkan potensinya sejak dini. Dengan terbitnya Undang-undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas), keberadaan pendidikan usia dini mendapat perhatian yang lebih baik. Hal itu terkandung dalam bagian tujuh, pasal 28 ayat 1-6, di mana pendidikan anak usia dini diarahkan pada pendidikan pra-sekolah yaitu anak usia 0-6 tahun. Dalam penjabaran pengertian, UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sisidiknas menyatakan bahwa: Pendidikan anak usia dini adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut.
Pembelajaran mempunyai pengertian suatu usaha sadar seseorang untuk merubah tingkah laku melalui interaksi dengan lingkungannya dengan harapan hasil kegiatan belajar berupa perubahan tingkah laku yang bersifat permanen dan kearah positif dimana perubahan tingkah laku berupa kognitif, afektif maupun psikomotorik. Dengan menguasai metode pembelajaran, selain tentunya kemampuan lainnya, seorang guru/tutor dapat mengelola proses pembelajaran sesuai dengan tujuan yang hendak dicapainya, yaitu kemampuan-kemampuan yang diharapkan dimiliki oleh anak.
Berdasarkan hasil belajar anak TK Al Istiqomah Rowoyoso terhadap Pengenalan lambang bilangan masih rendah atau belum mencapai maksimal. Hal ini disebabkan karena anak masih banyak yang belum paham tentang bilangan dan metode pembelajaran serta media yang digunakan belum mampu mengembangkan kemampuan kognitif anak sehingga kurang menarik minat anak.
Dari latar belakang permasalahan yang terjadi pada pembelajaran Pengenalan lambang bilangan di TK Al Istiqomah Rowoyoso.
1.        Identifikasi Masalah
Hasil identifikasi masalah yang di dapat adalah:
a.       Rendahnya kemampuan anak untuk mengenal Lambang bilangan.
b.      Rendahnya pemahaman anak dalam kegiatan pembelajaran  mengenal lambang bilangan.
c.       Rendahnya minat anak dalam kegiatan pembelajaran mengenal lambang bilangan
2.        Analisis Masalah
Dari identifikasi masalah yang peneliti paparkan di atas, maka peneliti melakukan analisis masalah berdasarkan temuan-temuan yang di diskusikan dengan supervisor 2 sehingga dapat di ketahui bahwa kemungkinan yang menjadi penyebab anak kurang dalam mengenal lambang bilangan melalui metode demonstrasi:
a.       Anak dalam memusatkan perhatian sehingga anak kurang berperan aktif pada proses pembelajaran mengenal lambang bilangan.
b.      Anak masih kurang mampu atau kutang paham tentang lambang bilangan.
c.       Kurangnya respon dan minat anak dalam kegiatan mengenal lambang bilangan.
d.      guru dalam menggunakan media kurang sesuai dengan tingkat perkembangan anak.

B.       RUMUSAN MASALAH
Berdasarkan latar belakang tersebut di atas, maka dapat dirumuskan sebagai berikut: “Apakah dengan metode demonstrasi dapat meningkatkan Pengenalan lambang bilangan anak didik Kelompok A di TK Al Istiqomqh Kecamatan Wonokerto Kabupaten Pekalongan?”



C.      TUJUAN PERBAIKAN
Tujuan dilakukannya perkembangan pembelajaran ini adalah: Meningkatkan kognitif anak didik Kelompok A di TK Al Istiqomah Kecamatan Wonokerto Kabupaten Pekalongan melalui metode demonstrasi.

D.      MANFAAT PERBAIKAN
Dilakukannya perkembangan pembelajaran ini diharapkan bermanfaat bagi:
1.      Manfaat Bagi Anak
Meningkatkan kemampuan anak dalam membilang 1-5 dengan kegiatan yang menyenangkan akan tetapi tetap bermakna dalam mengembangkan kemampuan dasar kognitif anak seperti bersikap kritis, memiliki inisiatif mencari cara membilang yang sesuai dengan kebutuhannya.
2.      Manfaat Bagi Guru
Menambah wawasan tentang stimulus yang dalam merangsang dan meningkatkan kemampuan membilang 1-5 bagi anak. Mendorong guru semakin baik, kreatif, dan bervariasi dalam merencanakan, menyusun dan melaksanakan kegiatan pembelajaran dalam menggunakan metode dan media pembelajaran yang disesuaikan dengan tema belajar dan kemampuan pengembangan yang akan di capai.
3.      Manfaat Bagi Orang Tua
Membantu sekolah untuk berkembang karena adanya peningkatan/kemajuan pada diri guru dan pendidikan di sekolah tersebut.

Comments

Popular Posts