CONTOH BAB I PENDAHULUAN MAKALAH ANALISIS
BAB I
PENDAHULUAN
A.
LATAR BELAKANG
Pendidikan adalah hak warga negara, tidak terkecuali
pendidikan di usia dini merupakan hak warga negara dalam mengembangkan
potensinya sejak dini. Dengan terbitnya Undang-undang No. 20 Tahun 2003 tentang
Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas), keberadaan pendidikan usia dini mendapat perhatian yang lebih baik. Hal itu terkandung dalam bagian tujuh, pasal 28 ayat 1-6, di mana
pendidikan anak usia dini diarahkan pada pendidikan pra-sekolah yaitu anak usia
0-6 tahun. Dalam penjabaran pengertian, UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sisidiknas
menyatakan bahwa: Pendidikan
anak usia dini adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak
lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan
pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar
anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut.
Pembelajaran mempunyai pengertian suatu usaha sadar
seseorang untuk merubah tingkah laku melalui interaksi dengan lingkungannya
dengan harapan hasil kegiatan belajar berupa perubahan tingkah laku yang
bersifat permanen dan kearah positif dimana perubahan tingkah laku berupa
kognitif, afektif maupun psikomotorik. Dengan menguasai metode pembelajaran,
selain tentunya kemampuan lainnya, seorang guru/tutor dapat mengelola proses
pembelajaran sesuai dengan tujuan yang hendak dicapainya, yaitu kemampuan-kemampuan yang
diharapkan dimiliki oleh anak.
Berdasarkan
hasil belajar anak TK Al Istiqomah Rowoyoso terhadap Pengenalan
lambang bilangan masih rendah atau belum mencapai maksimal. Hal ini
disebabkan karena anak masih banyak yang belum paham tentang bilangan dan metode
pembelajaran serta media yang digunakan belum mampu mengembangkan kemampuan kognitif
anak
sehingga kurang menarik minat anak.
Dari latar
belakang permasalahan yang terjadi pada pembelajaran Pengenalan
lambang bilangan di TK Al Istiqomah Rowoyoso.
1.
Identifikasi Masalah
Hasil identifikasi masalah yang di dapat adalah:
a.
Rendahnya kemampuan anak untuk mengenal Lambang bilangan.
b.
Rendahnya pemahaman anak dalam kegiatan
pembelajaran mengenal
lambang bilangan.
c.
Rendahnya minat anak dalam kegiatan pembelajaran mengenal
lambang bilangan
2.
Analisis Masalah
Dari identifikasi masalah yang peneliti paparkan di atas, maka peneliti
melakukan analisis masalah berdasarkan temuan-temuan yang di diskusikan dengan
supervisor 2 sehingga dapat di ketahui bahwa kemungkinan yang menjadi penyebab
anak kurang dalam mengenal lambang bilangan melalui metode demonstrasi:
a.
Anak dalam memusatkan perhatian sehingga anak kurang berperan
aktif pada proses pembelajaran mengenal lambang bilangan.
b.
Anak masih kurang mampu atau kutang paham tentang lambang
bilangan.
c.
Kurangnya respon dan minat anak dalam kegiatan mengenal
lambang bilangan.
d.
guru dalam menggunakan media kurang sesuai dengan tingkat
perkembangan anak.
B.
RUMUSAN MASALAH
Berdasarkan latar belakang tersebut di atas, maka dapat dirumuskan sebagai
berikut: “Apakah dengan metode demonstrasi dapat meningkatkan Pengenalan
lambang bilangan anak didik Kelompok A di TK Al Istiqomqh Kecamatan Wonokerto Kabupaten
Pekalongan?”
C.
TUJUAN PERBAIKAN
Tujuan dilakukannya perkembangan
pembelajaran ini adalah:
Meningkatkan kognitif anak didik Kelompok A di TK Al Istiqomah Kecamatan
Wonokerto Kabupaten Pekalongan melalui metode demonstrasi.
D.
MANFAAT PERBAIKAN
Dilakukannya perkembangan pembelajaran ini diharapkan bermanfaat bagi:
1.
Manfaat Bagi Anak
Meningkatkan kemampuan anak dalam
membilang 1-5 dengan kegiatan yang menyenangkan akan tetapi tetap bermakna
dalam mengembangkan kemampuan dasar kognitif anak seperti bersikap kritis,
memiliki inisiatif mencari cara membilang yang sesuai dengan kebutuhannya.
2.
Manfaat Bagi Guru
Menambah wawasan tentang stimulus yang
dalam merangsang dan meningkatkan kemampuan membilang 1-5 bagi anak. Mendorong guru semakin
baik, kreatif, dan bervariasi dalam merencanakan, menyusun dan melaksanakan
kegiatan pembelajaran dalam menggunakan metode dan media pembelajaran yang disesuaikan
dengan tema belajar dan kemampuan pengembangan yang akan di capai.
3.
Manfaat Bagi Orang Tua
Membantu sekolah untuk berkembang karena
adanya peningkatan/kemajuan pada diri guru dan pendidikan di sekolah tersebut.
Comments
Post a Comment