CONTOH ABSTRAK



Abstrak

NAMA : NINIK ASYATI, NIM: 824445378, Program Studi: S1 PAUD, Pokjar Bojong Kabupaten Pekalongan “Upaya meningkatkan pemahaman konsep bilangan 1-10 melalui permainan berhitung dengan gambar pada anak kelomok B TK Bahari Wonokerto Wetan Kecamatan Wonokerto Kabupaten Pekalongan semester I Tahun Pelajaran 2014/2015

Kata Kunci : konsep bilangan, permainan berhitung, gambar

Dalam Pembuatan PTK ini bertujuan untuk memenuhi tugas Mata Kuliah PKP Program S1 FKIP Universita Terbuka dan untuk meningkatkan pemahaman konsep bilangan 1-10 kelompok B TK Bahari Wonokerto Wetan melalui permainan berhitung dengan gambar.
Rumusan masalah: apakah dengan permainan berhitung dengan gambar dapat meningkatkan pemahaman konsep bilangan 1-10 melalui permainan berhitung dengan gambar pada anak kelomok B TK Bahari Wonokerto Wetan Kecamatan Wonokerto Kabupaten Pekalongan?
Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas dilakukan secara bertahap sesuai dengan pelaksanaan prosedur umum dan khusus pembelajaran. Penelitian Tindakan Kelas dilaksanakan dalam dua siklus dan tiap siklus dibuat 5 RKH.
Manfaat penelitian adalah untuk memperbaiki kegiatan pembelajaran anak, meningkatkan kinerja dan kreativitas guru, meningkatkan mutu pembelajaran sekolah serta Hasil dari peningkatan kemampuan anak dalam pemahaman konsep bilangan  dari siklus 1 70% dari 20 anak sedang siklus ll 85% dari 20 anak, sesuai dengan harapan peneliti.
Simpulan dari penelitian ini adalah melalui kegiatan permainan berhitung dapat memberikan kesempatan kepada anak untuk terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran. Saran bagi guru meningkatkan pemahaman konsep bilangan 1-10 melalui permainan berhitung dengan gambar dapat memberikan inspirasi dari mewujudkan model pembelajaran yang kreatif dan inovatif, meningkatkan kreativitas dalam menemukan strategi mengajar yang dapat meningkatkan pemahaman konsep bilangan.

Comments

Popular Posts