CONTOH ABSTRAK
Abstrak
NAMA : NINIK ASYATI, NIM:
824445378, Program Studi: S1 PAUD, Pokjar
Bojong Kabupaten Pekalongan “Upaya meningkatkan pemahaman konsep bilangan 1-10
melalui permainan berhitung dengan gambar pada anak kelomok B TK Bahari
Wonokerto Wetan Kecamatan Wonokerto Kabupaten Pekalongan semester I Tahun Pelajaran 2014/2015”
Kata Kunci : konsep bilangan,
permainan berhitung, gambar
Dalam Pembuatan PTK ini
bertujuan untuk memenuhi tugas Mata Kuliah PKP Program S1 FKIP Universita
Terbuka dan untuk meningkatkan pemahaman konsep bilangan 1-10 kelompok B TK Bahari
Wonokerto Wetan melalui permainan berhitung dengan gambar.
Rumusan
masalah: apakah dengan permainan berhitung dengan gambar dapat meningkatkan
pemahaman konsep bilangan 1-10 melalui permainan berhitung dengan gambar pada
anak kelomok B TK Bahari Wonokerto Wetan Kecamatan Wonokerto Kabupaten
Pekalongan?
Pelaksanaan
Penelitian Tindakan Kelas dilakukan secara bertahap sesuai dengan pelaksanaan
prosedur umum dan khusus pembelajaran. Penelitian Tindakan Kelas dilaksanakan
dalam dua siklus dan tiap siklus dibuat 5 RKH.
Manfaat
penelitian adalah untuk memperbaiki kegiatan pembelajaran anak, meningkatkan
kinerja dan kreativitas guru, meningkatkan mutu pembelajaran sekolah serta Hasil dari peningkatan kemampuan anak dalam pemahaman
konsep bilangan dari siklus 1 70% dari 20
anak sedang siklus ll 85% dari 20 anak, sesuai dengan harapan peneliti.
Simpulan dari penelitian
ini adalah melalui kegiatan permainan berhitung dapat memberikan
kesempatan kepada anak untuk terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran. Saran bagi guru meningkatkan pemahaman konsep
bilangan 1-10 melalui permainan berhitung dengan gambar dapat memberikan
inspirasi dari mewujudkan model pembelajaran yang kreatif dan inovatif,
meningkatkan kreativitas dalam menemukan strategi mengajar yang dapat
meningkatkan pemahaman konsep bilangan.
Comments
Post a Comment