CONTOH LEMBAR OBSERVASI
LEMBAR OBSERVASI
KEGIATAN PENGEMBANGAN DI
KELOMPOK BERMAIN
DEWI MASITOH DESA
PECAKARAN
Kelompok Bermain :
Dewi Masitoh
Tanggal :
30 April 2013
No.
|
Hal-hal
Unik atau Menarik yang di Temukan di Dalam
|
Ada
|
Keterangan/Uraian/Pertanyaan
|
|
Ya
|
Tidak
|
|||
1.
|
Model
Pengembangan Kegiatan
|
√
|
|
Dengan sistem kelompok.
Pertanyaan : mengapa model pengembangan harus
dengan kelompok? mengapa tidak dengan sentra?
|
2.
|
Penataan Ruangan
|
√
|
|
Di dinding kelas banyak di tempeli foto anak-anak.
Pertanyaan : mengapa dinding kelas bnyak di tempeli
foto anak? Mengapa bukan gambar-gambar atau foto aktifitas anak?
|
3.
|
Kegiatan yang di
Lakukan Anak
|
√
|
|
Anak melepaskan baju atau seragam berkancing dengan
sedikit bantuan dari pendidik, kemudian anak mencoba memakai seragam
tersebut.
Pertanyaan : memgapa harus ada kegiatan memakai
baju berkancing?
|
4.
|
Alat Peraga
Edukatif (APE) yang di Gunakan
|
√
|
|
Seragam kotak - kotak hijau masing-masing anak.
Mengapa harus
seragam hijau yang di gunakan? kenapa tidak baju anak /seragam lain?
|
5.
|
Pengaturan atau
Pengelompokkan Anak
|
√
|
|
Anak-anak di ajak keluar kelas kemudian melepaskan
baju seragamnya dan di taruh pada kursi yang sudah di sediakan pendidik.
Pertanyaan : mengapa pelaksanaan kegiatan tidak di
dalam kelas?
|
6.
|
Cara Pendidik
Memimpin Kegiatan
|
√
|
|
Pendidik mengajak anak memilih berbaris pada barisan
yang sudah di buatkan pendidik dan berdiri di depan kursi yang ada
seragamnya. Dengan aba-aba dari pendidik anak lari kemudian memakai seragam
berkancing dengan urut.
Pertanyaan : mengapa anak harus berbaris dengan
urut pada saat melaksanakan kegiatan?
|
7.
|
Pemberian
Motivasi pada Anak
|
√
|
|
Pendidik selalu memberi motivasi pada anak agar anak
bisa memakai seragam sendiri.
|
8.
|
Peran Orang Tua
|
√
|
|
Hampir semua orang tua masih menunggui anaknya,
tetapi diluar kelas.
Pertanyaan : mengapa orang tua tidak meninggalkan
anaknya pada pendidik?
|
9.
|
Evaluasi
Kegiatan Anak
|
√
|
|
Dengan mengamati anak satu persatu saat mengancingkan
baju.
Pertanyaan : mengapa harus ada pengamatan dari
pendidik terhadap masing-masing anak?
|
10.
|
Partisipasi Anak
Terhadap Kegiatan
|
√
|
|
|
11.
|
Waktu
Pembelajaran
|
√
|
|
Pembelajaran dilakukan sore hari.
Pertanyaan : Kenapa pembelajaran dilakukan sore
hari? Kenapa tidak pagi atau siang hari?
|
WAWANCARA PENELITI DENGAN PENDIDIK KELOMPOK
BERMAIN DEWI MASITOH DESA
PECAKARAN
Kelompok Bermain : Dewi Masitoh
Tanggal : 30
april 2013
Maemunah : Assalamu ’alaikum Wr. Wb.
Pedidik KB : Wa’alikum salam Wr.Wb
Maemunah : Bu, bolehkah anda meluangkan
waktunya sebentar buat saya untuk wawancara tentang KB Dewi Masitoh ini?
Pendidik KB : Oh ya, kenapa tidak?
Maemunah : Berapa usia peserta didik di KB
Dewi Masitoh ini, mulai usia atau batas minimal lahir?
Pendidik KB :Kelompok
A : 2 - 3 tahun, Kelompok B : 3 - 4 tahun.
Maemunah :Bagaimana cara untuk menyusun
kegiatan pembelajaran?
Pendidik KB :Saya
memilih indikator yang sesuai tingkat perkembangan anak yang ada di SILABUS,
kemudian saya jabarkan dalam Webbing bulanan ke RKM lalu saya terapkan dalam
RKH.
Maemunah :Buku referensi apa yang
digunakan untuk menyusun RKH?
Pendidik KB :Kurikulum PAUD yaitu PERMENDIKNAS
no.58 tahun 2009 tentang STANDAR PENDIDIKAN ANAK USIA DINI.
Maemunah :Apa manfaat dari buku referensi
tersebut?
Pendidik KB :Adanya tingkat pencapaian perkembangan
yaitu berisi kaidah pertumbuhan dan perkembangan anak usia dini, bukan pencapaian
tingkat kecakapan akademik.
Maemunah :Mengapa model pengembangan
kegiatan harus dengan kelompok? Mengapa tidak dengan sentra?
Pendidik KB : Karena kondisi sekolah yang kurang
memadai (ruang kelas sempit) jadi tidak mungkin menggunakan pembelajaran dengan
sentra.
Maemunah : Mengapa dinding kelas banyak
ditempeli foto anak? Mengapa bukan gambar-gambar aktivitas anak?
Pendidik KB : Untuk menarik minat belajar anak
Maemunah : Tadi saya melihat kegiatan anak
memakai baju berkancing, mengapa Ibu melakukan kegiatan tersebut?
Pendidik KB : Karena, untuk melatih ketrampilan
anak dan mandiri dengan menggunakan baju berkancing tanpa bantuan orang lain.
Maemunah : APE yang di gunakan seragam
kotak hijau, mengapa tidak menggunakan baju bebas atau seragam lain?
Pendidik KB : Seragam kotak hijau berkancing
empat untuk memudahkan anak dalam
mengancingkan baju. Sedangkan seragam lainnya busana muslim, kaos olah raga
tidak di gunakan karena saat pelaksanaan kegiatan hari selasa anak memakai
seragam kotak hijau.
Maemunah : Mengapa ibu melakukan kegiatan
tersebut di luar kelas? Mengapa tidak di dalam kelas?
Pendidik
KB : Agar anak tidak monoton dalam melaksanakan kegiatan di dalam kelas
terus-menerus.
Maemunah : Mengapa anak harus berbaris
dengan urut pada saat kegiatan lalu berlari dan
mengambil baju semacam perlombaan?
Pendidik KB : Agar kegiatan tersebut menjadi
atraktif dan menarik minat anak , disamping itu anak menjadi semangat dan tidak
lamban dalam ketrampilan hidup.
Maemunah : Adakah motifasi dari pendidik
dalam kegiatan tersebut?
Pendidik KB : ya ada, kami selalu memberi
motifasi agar anak bisa memakai seragam sendiri.
Maemunah : Adakah anak yang belum mau
berpisah dengan orang tuanya dan bagaimana caranya? Mengapa orang tua tidak
meninggalkan anak kepada pendidik?
Pendidik KB : Dengan cara bertahap yaitu ibu
menjauhi anaknya sedidkit demi sedikit dan reeword dari pendidik bagi anak yang
mau di tinggal oleh ibunya, tujuannya agar anak
mandiri.
Maemunah : Mengapa harus ada pengamatan
dari pendidik terhadap masing-masing anak?
Pendidik KB : Karena dengan pengamatan anak
merasa dekat dengan pendidik.
Maemunah : Apa yang menyebabkan anak tidak
mau melepaskan bajunya dan hanya menonton teman yang lain?
Pendidik KB : Kemungkinan anak merasa malu
melepas seragamnya, anak juga merasa tidak mampu mengancingkan baju.
Maemunah :Kenapa pembelajaran di KB Dewi
Masitoh di lakukan di sore hari? Kenapa tidak di pagi atau siang hari?
Pendidik KB : Kemungkinan masyarakat atau orang
tua murid di pagi dan siang hari sibuk
dengan pekerjaannya yang mayoritas berjualan ikan.
Maemunah :OK deh kalau begitu, dari kami
mengucapkan banyak terima kasih kepada Ibu yang berkenan menjawab pertanyaan
dari kami, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan untuk kami. Wasaalamu
‘alaikum.
Pendidik KB : Wa’alikum salam.
WAWANCARA PENELITI DENGAN KEPALA KELOMPOK
BERMAIN DEWI MASITOH DESA
PECAKARAN
Kelompok
Bermain: Dewi Masitoh
Tanggal : 30 april 2013
Maemunah :Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Kepala KB :Wa’alikum salam Wr.Wb
Maemunah :Setelah Observasi ke KB ibu, ada
beberapa yang ingin kami tanyakan kepada ibu mengenai KB Dewi Masithoh ini,
bersediakah ibu menjawab?
Kepala KB :Oh ya, kami bersedia menjawab?
Maemunah : Kapan KB ini berdiri?
Kepala KB :Berdiri tanggal 01 Agustus 2008
Maemunah : Mengapa model pengembangan yang
digunakan dengan kelompok, tidak dengan sentra?
Kepala KB :Awalnya kami dalam model
pengembangan dengan sentra, tetapi jumlah anak yang relatif banyak pertahunnya,
dan penataan ruangan baru untuk KB sekarang ini lebih sempit dari yang
sebelumnya yaitu menggunakan gedung TKM Pecakaran.
Maemunah : Dinding di kelas banyak di tempeli
foto anak bukan gambar-gambar atau foto aktifitas anak?
Kepala KB : Foto anak yang di bawa dari
rumah untuk di tempel di dinding kelas
KB, awalnya untuk kegiatan menceritakan isi gambar yang ada dalam foto. Sehingga anak akan merasa bangga dengan
fotonya yang di tempel di ruang kelas yang nantinya akan bersemangat dalam
bersekolah.
Maemunah : Mengapa harus ada kegiatan
memakai baju berkancing?
Kepala KB : Kegiatan anak di KB Dewi
Masitoh ini tidak hanya mencakup aspek kognitif, bahasa, motorik fisik, sosial
emosional dan moral saja tetapi ketrampilan hiduppun kami terapkan di KB ini.
Maemunah : APE yang di gunakan seragam
kotak hijau, mengapa tidak menggunakan seragam lain?
Kepala KB : Alasannya selain memudahkan
orang tua, ada kekompakan pada anak. Apabila menggunakan seragam bebas
kemungkinan akan ada kesenjangangan sosial bagi orang tua,anak pun akan merasa
ingin memiliki baju yang bagus seperti temannya.
Maemunah : Mengapa pelaksanaan kegiatan
tidak didalam kelas?
Kepala KB :Karena ruang kelas yang sempit,
jadi pelaksanaan kegiatan memakai baju berkancing di lakukan di luar kelas yang tempatnya lebih
luas.
Maemunah : Anak berbaris dengan urut pada
saat pelaksanaan kegiatan lalu berlari dan mengambil baju semacam perlombaan,
mengapa demikian?
Kepala KB :Agar kegiatan di KB ini
bervariatif tidak monoton, anak menjadi semangat dan atraktif dalam kegiatan
tersebut.
Maemunah : Mengapa orang tua wali murid
tidak meninggalkan anaknya pada pendidik?
Kepala KB : Tempat tinggal wali murid
mayoritas jauh dan waktu pembelajarannya hanya sebentar, namun dalam
pelaksanaan kegiatan orang tua tidak masuk dalam ruang kelas.
Maemunah : Mengapa dalam kegiatan harus
ada pengamatan (observasi) dari pendidik terhadap masing-masing anak?
Kepala KB :Dengan pengamatan pada kegiatan
memakai baju berkancing bertujuan agar setiap anak yang mampu atau belum mampu melakukan dapat
terliat jelas.
Maemunah :Mengapa pembelajaran di laksanakan
sore hari? Mengapa tidak siang hari?
Kepala KB : Untuk pembelajaran pagi hari
tidak memungkinkan karena ruang kelas masih di gunakan untuk pembelajaran TK
Muslimat Pecakaran, siang harinya banyak anak-anak yang beristirahat sehingga
pembelajaran yang di laksanakan siang hari tidak akan terfokus pada anak.
Maemunah : Adakah koordinasi atau rapat
antar pendidik maupun dengan pengurus KB sebagai evaluasi programnya, berapa
kali dilakukan tiap bulannya?
Kepala KB :Ada, dilakukan 2 bulan sekali
Maemunah :Kami mengucapkann terima kasih
atas partisipasi dan jawaban di tiap pertanyaan yang kami sampaikan, semoga
bermanfaat bagi kami
Kepala KB :Ya sama-sama.
Mksh ats ilmunya sangat bermanfaat skli
ReplyDelete