CONTOH LEMBAR OBSERVASI



LEMBAR OBSERVASI
KEGIATAN PENGEMBANGAN DI KELOMPOK BERMAIN
DEWI MASITOH DESA PECAKARAN

Kelompok Bermain   : Dewi Masitoh
Tanggal                      : 30 April 2013
No.
Hal-hal Unik atau Menarik yang di Temukan di Dalam
Ada
Keterangan/Uraian/Pertanyaan
Ya
Tidak
1.
Model Pengembangan Kegiatan

Dengan sistem kelompok.
Pertanyaan : mengapa model pengembangan harus dengan kelompok? mengapa tidak dengan sentra?
2.
Penataan Ruangan

Di dinding kelas banyak di tempeli foto anak-anak.
Pertanyaan : mengapa dinding kelas bnyak di tempeli foto anak? Mengapa bukan gambar-gambar atau foto aktifitas anak?
3.
Kegiatan yang di Lakukan Anak

Anak melepaskan baju atau seragam berkancing dengan sedikit bantuan dari pendidik, kemudian anak mencoba memakai seragam tersebut.
Pertanyaan : memgapa harus ada kegiatan memakai baju berkancing?
4.
Alat Peraga Edukatif (APE) yang di Gunakan

Seragam kotak - kotak  hijau masing-masing anak.
Mengapa harus  seragam hijau yang di gunakan? kenapa tidak baju anak /seragam lain?
5.
Pengaturan atau Pengelompokkan Anak

Anak-anak di ajak keluar kelas kemudian melepaskan baju seragamnya dan di taruh pada kursi yang sudah di sediakan pendidik.
Pertanyaan : mengapa pelaksanaan kegiatan tidak di dalam kelas?


6.
Cara Pendidik Memimpin Kegiatan

Pendidik mengajak anak memilih berbaris pada barisan yang sudah di buatkan pendidik dan berdiri di depan kursi yang ada seragamnya. Dengan aba-aba dari pendidik anak lari kemudian memakai seragam berkancing dengan urut.
Pertanyaan : mengapa anak harus berbaris dengan urut pada saat melaksanakan kegiatan?
7.
Pemberian Motivasi pada Anak

Pendidik selalu memberi motivasi pada anak agar anak bisa memakai seragam sendiri.
8.
Peran Orang Tua

Hampir semua orang tua masih menunggui anaknya, tetapi diluar kelas.
Pertanyaan : mengapa orang tua tidak meninggalkan anaknya pada pendidik?
9.
Evaluasi Kegiatan Anak

Dengan mengamati anak satu persatu saat mengancingkan baju.
Pertanyaan : mengapa harus ada pengamatan dari pendidik terhadap masing-masing anak?
10.
Partisipasi Anak Terhadap Kegiatan

Saat kegaiatan melepaskan baju berkancing ada 2 anak yang tidak mau melepaskan bajunya.  Pertanyaan : apa yang menyebabkan anak tidak mau melepaskan bajunya dan hanya menonton teman yang lain?
11.
Waktu Pembelajaran

Pembelajaran dilakukan sore hari.
Pertanyaan : Kenapa pembelajaran dilakukan sore hari? Kenapa tidak pagi atau siang hari?



WAWANCARA PENELITI DENGAN PENDIDIK KELOMPOK
BERMAIN DEWI MASITOH DESA PECAKARAN

Kelompok Bermain : Dewi Masitoh
Tanggal                    : 30 april 2013

Maemunah               : Assalamu ’alaikum Wr. Wb.
Pedidik KB              : Wa’alikum salam Wr.Wb
Maemunah               : Bu, bolehkah anda meluangkan waktunya sebentar buat saya untuk wawancara tentang KB Dewi Masitoh ini?
Pendidik KB            : Oh ya, kenapa tidak?
Maemunah               : Berapa usia peserta didik di KB Dewi Masitoh ini, mulai usia atau batas minimal lahir?
Pendidik  KB           :Kelompok A : 2 - 3 tahun, Kelompok B : 3 - 4 tahun.
Maemunah               :Bagaimana cara untuk menyusun kegiatan pembelajaran?
Pendidik  KB           :Saya memilih indikator yang sesuai tingkat perkembangan anak yang ada di SILABUS, kemudian saya jabarkan dalam Webbing bulanan ke RKM lalu saya terapkan dalam RKH.
Maemunah               :Buku referensi apa yang digunakan untuk menyusun RKH?
Pendidik KB            :Kurikulum PAUD yaitu PERMENDIKNAS no.58 tahun 2009 tentang STANDAR PENDIDIKAN ANAK USIA DINI.
Maemunah               :Apa manfaat dari buku referensi tersebut?
Pendidik KB            :Adanya tingkat pencapaian perkembangan yaitu berisi kaidah pertumbuhan dan perkembangan anak usia dini, bukan pencapaian tingkat kecakapan akademik.                                                                                           
Maemunah               :Mengapa model pengembangan kegiatan harus dengan kelompok? Mengapa tidak dengan sentra?
Pendidik KB            : Karena kondisi sekolah yang kurang memadai (ruang kelas sempit) jadi tidak mungkin menggunakan pembelajaran dengan sentra.
Maemunah               : Mengapa dinding kelas banyak ditempeli foto anak? Mengapa bukan gambar-gambar aktivitas anak?
Pendidik KB            : Untuk menarik minat belajar anak
Maemunah               : Tadi saya melihat kegiatan anak memakai baju berkancing, mengapa Ibu melakukan kegiatan tersebut?
Pendidik KB            : Karena, untuk melatih ketrampilan anak dan mandiri dengan menggunakan baju berkancing tanpa bantuan orang lain.
Maemunah               : APE yang di gunakan seragam kotak hijau, mengapa tidak menggunakan baju bebas atau seragam lain?
Pendidik KB            : Seragam kotak hijau berkancing empat  untuk memudahkan anak dalam mengancingkan baju. Sedangkan seragam lainnya busana muslim, kaos olah raga tidak di gunakan karena saat pelaksanaan kegiatan hari selasa anak memakai seragam kotak hijau.
Maemunah               : Mengapa ibu melakukan kegiatan tersebut di luar kelas? Mengapa tidak di dalam kelas?
Pendidik KB            :  Agar anak tidak monoton dalam melaksanakan kegiatan di dalam kelas terus-menerus.
Maemunah               : Mengapa anak harus berbaris dengan urut pada saat kegiatan lalu berlari dan  mengambil baju semacam perlombaan?
Pendidik KB            : Agar kegiatan tersebut menjadi atraktif dan menarik minat anak , disamping itu anak menjadi semangat dan tidak lamban dalam ketrampilan hidup.
Maemunah               : Adakah motifasi dari pendidik dalam kegiatan tersebut?
Pendidik KB            : ya ada, kami selalu memberi motifasi agar anak bisa memakai seragam sendiri.
Maemunah               : Adakah anak yang belum mau berpisah dengan orang tuanya dan bagaimana caranya? Mengapa orang tua tidak meninggalkan anak kepada pendidik?
Pendidik KB            : Dengan cara bertahap yaitu ibu menjauhi anaknya sedidkit demi sedikit dan reeword dari pendidik bagi anak yang mau di tinggal oleh ibunya, tujuannya agar anak  mandiri.
Maemunah               : Mengapa harus ada pengamatan dari pendidik terhadap masing-masing anak?
Pendidik KB            : Karena dengan pengamatan anak merasa dekat dengan pendidik.
Maemunah               : Apa yang menyebabkan anak tidak mau melepaskan bajunya dan hanya menonton teman yang lain?
Pendidik KB            : Kemungkinan anak merasa malu melepas seragamnya, anak juga merasa tidak mampu mengancingkan baju.
Maemunah               :Kenapa pembelajaran di KB Dewi Masitoh di lakukan di sore hari? Kenapa tidak di pagi atau siang hari?
Pendidik KB            : Kemungkinan masyarakat atau orang tua murid di pagi dan siang hari  sibuk dengan pekerjaannya yang mayoritas berjualan ikan.
Maemunah               :OK deh kalau begitu, dari kami mengucapkan banyak terima kasih kepada Ibu yang berkenan menjawab pertanyaan dari kami, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan untuk kami. Wasaalamu ‘alaikum.
Pendidik KB            : Wa’alikum salam.

WAWANCARA PENELITI DENGAN KEPALA KELOMPOK
BERMAIN DEWI MASITOH DESA PECAKARAN

Kelompok Bermain: Dewi Masitoh
Tanggal                    : 30 april 2013

Maemunah               :Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Kepala KB               :Wa’alikum salam Wr.Wb
Maemunah               :Setelah Observasi ke KB ibu, ada beberapa yang ingin kami tanyakan kepada ibu mengenai KB Dewi Masithoh ini, bersediakah ibu menjawab?
Kepala KB               :Oh ya, kami bersedia menjawab?
Maemunah               : Kapan KB ini berdiri?
Kepala KB               :Berdiri tanggal 01 Agustus 2008
Maemunah               : Mengapa model pengembangan yang digunakan dengan kelompok, tidak dengan sentra?
Kepala KB               :Awalnya kami dalam model pengembangan dengan sentra, tetapi jumlah anak yang relatif banyak pertahunnya, dan penataan ruangan baru untuk KB sekarang ini lebih sempit dari yang sebelumnya yaitu menggunakan gedung TKM Pecakaran.
Maemunah               : Dinding di kelas banyak di tempeli foto anak bukan gambar-gambar atau foto aktifitas anak?
Kepala KB               : Foto anak yang di bawa dari rumah untuk di tempel di dinding  kelas KB, awalnya untuk kegiatan menceritakan isi gambar yang ada dalam foto.  Sehingga anak akan merasa bangga dengan fotonya yang di tempel di ruang kelas yang nantinya akan bersemangat dalam bersekolah.
Maemunah               : Mengapa harus ada kegiatan memakai baju berkancing?
Kepala KB               : Kegiatan anak di KB Dewi Masitoh ini tidak hanya mencakup aspek kognitif, bahasa, motorik fisik, sosial emosional dan moral saja tetapi ketrampilan hiduppun kami terapkan di KB ini.
Maemunah               : APE yang di gunakan seragam kotak hijau, mengapa tidak menggunakan seragam lain?
Kepala KB               : Alasannya selain memudahkan orang tua, ada kekompakan pada anak. Apabila menggunakan seragam bebas kemungkinan akan ada kesenjangangan sosial bagi orang tua,anak pun akan merasa ingin memiliki baju yang bagus seperti temannya.
Maemunah               : Mengapa pelaksanaan kegiatan tidak didalam kelas?
Kepala KB               :Karena ruang kelas yang sempit, jadi pelaksanaan kegiatan memakai baju berkancing  di lakukan di luar kelas yang tempatnya lebih luas.
Maemunah               : Anak berbaris dengan urut pada saat pelaksanaan kegiatan lalu berlari dan mengambil baju semacam perlombaan, mengapa demikian?
Kepala KB               :Agar kegiatan di KB ini bervariatif tidak monoton, anak menjadi semangat dan atraktif dalam kegiatan tersebut.
Maemunah               : Mengapa orang tua wali murid tidak meninggalkan anaknya pada pendidik?
Kepala KB               : Tempat tinggal wali murid mayoritas jauh dan waktu pembelajarannya hanya sebentar, namun dalam pelaksanaan kegiatan orang tua tidak masuk dalam ruang kelas.
Maemunah               : Mengapa dalam kegiatan harus ada pengamatan (observasi) dari pendidik terhadap masing-masing anak?
Kepala KB               :Dengan pengamatan pada kegiatan memakai baju berkancing bertujuan agar setiap anak  yang mampu atau belum mampu melakukan dapat terliat jelas.
Maemunah               :Mengapa pembelajaran di laksanakan sore hari? Mengapa tidak siang hari?
Kepala KB               : Untuk pembelajaran pagi hari tidak memungkinkan karena ruang kelas masih di gunakan untuk pembelajaran TK Muslimat Pecakaran, siang harinya banyak anak-anak yang beristirahat sehingga pembelajaran yang di laksanakan siang hari tidak akan terfokus pada anak.
Maemunah               : Adakah koordinasi atau rapat antar pendidik maupun dengan pengurus KB sebagai evaluasi programnya, berapa kali dilakukan tiap bulannya?
Kepala KB               :Ada, dilakukan 2 bulan sekali
Maemunah               :Kami mengucapkann terima kasih atas partisipasi dan jawaban di tiap pertanyaan yang kami sampaikan, semoga bermanfaat bagi kami
Kepala KB               :Ya sama-sama.

Comments

Post a Comment

Popular Posts