Daftar Lampiran Analisis
OBSERVASI
KEGIATAN PENGEMBANGAN
DI KB
DEWI MASITOH PECAKARAN
Kelompok
Bermain ( KB ) : KB Dewi Masitoh Pecakaran
Tanggal
: 12 Mei 2014
Usia :
3-4 tahun
No
|
Hal-hal
unik/menarik yang ditemukan dalam kegiatan
|
Ada
|
Keterangan/uraian/pertanyaan
|
|
Ya
|
Tidak
|
|||
1.
|
Model pengembangan kegiatan
|
ü
|
Model
pengembangan kegiatan dengan Sentra
|
|
2.
|
Penataan ruangan
|
ü
|
Kegiatan
dilakukan di dalam ruangan.
|
|
3.
|
Kegiatan yang dilakukan anak
|
ü
|
Anak
secara bergantian mengerjakan tugas
|
|
4.
|
Alat Peraga Edukatif (APE) yang digunakan
|
ü
|
Lego
Pertanyaan: Mengapa menggunakan lego?
Kenapa tidak
menggunakan balok/APE lainnya?
|
|
5.
|
Pengaturan / pengelompokkan anak
|
ü
|
Ada 3 kegiatan
main
|
|
6.
|
Cara pendidik memimpin kegiatan
|
ü
|
Pendidik
memberikan penjelasan kepada anak didiknya bagaaimana aturan mainnya dalam
kegiatan kemudian pendidik juga tidak memaksa kepada anak didik untuk
mengerjakan kegiatan yang akan di kerjakan terlebih dahulu.
|
|
7.
|
Pemberian Motivasi
|
ü
|
Anak
diberi motivasi dengan semangat, bujukan/ajakan dan reward agar mau mengerjakan tugas.
|
|
8.
|
Evaluasi
|
ü
|
Pendidik
mengamati dan memantau anak yang serius atau tidak dalam mengerjakan tugas.
Pertanyaan:
Mengapa anak tidak mau mengerjakan
tugas dari guru?
|
|
9.
|
Waktu Pembelajaran
|
ü
|
Pelaksanaan
pembelajaran di sore hari.
Pertanyaan
: Mengapa pelaksanaan harus sore hari ?
Mengapa
tidak pagi hari ?
|
WAWANCARA
Wawancara yang dilakukan terhadap
pendidik di KB Dewi Masitoh Pecakaran
Suryanti : Asalamualaikum
Pendidik : Wa’alaikum
salam, silahkan.
Suryanti : Usia
berapa saja anak didik ibu?
Pendidik : Usia
3-4 tahun.
Suryanti :
Apa keistimewaan program di kelompok bermain yang ibu asuh?
Pendidik : - Pembelajaran berdasarkan kurikulum standar
PAUD
-
Pembelajaran
disesuaikan dengan perkembangan anak
-
Teknis
pembelajaran berbasis islam
-
Pembelajaran
dengan sentra
Suryanti : Apakah
masih ada anak didik ibu yang belum mau berpisah dengan orang tua, bagaimana
cara membujuknya?
Pendidik : Ya
Ada, dengan cara bertahap ibu menjauh sedikit demi sedikit
Suryanti : Ada
berapa kegiatan yang dibuka tiap harinya?
Pendidik : Tiap
hari dibuka 3 kegiatan.
Suryanti : Media
apa yang ibu gunakan agar anak aktif dalam kegiatan?
Pendidik : Media
yang digunakan merupakan kreatifitas guru sendiri , media yang sudah jadi dan
media yang lainnya.
Suryanti : Referensi
apa yang ibu gunakan untuk menyusun rencana kegiatan anak?
Pendidik : Kami
mengacu pada Kurikulum KBK yang dipadukan dengan kurikulum dari Menu Generik
Suryanti : Bagaimana
cara memotivasi kepada anak yang tak mau melakukan kegiatan?
Pendidik : Dibujuk
dan diberi pengarahan.
Suryanti : Bagaimana
cara melakukan evaluasi terhadap anak didik ?
Pendidik : Pelaksanaan
proses pembelajaran melalui bermain
Penilaian
pembelajaran melalui bermain
Suryanti : Bagaimana
membedakan anak yang mampu, rata-rata dan yang tidak mampu?
Pendidik : Melalui
pengamatan pada wakttu kegiatan berlangsung.
Suryanti : Dan
akhirnya kami ucapkan terima kasih kepada ibu yang berkenan menjawab pertanyaan
dari kami, semoga bermanfaat dan menambah wawasan buat kami.
Pendidik : Amin
ya robbal alamin
Suryanti : Assalamualaikum
Pendidik : Wa’alaikum
salam
WAWANCARA
Wawancara yang dilakukan terhadap Kepala
di KB Dewi Masitoh Pecakaran
Suryanti : Asalamualaikum
Kepala KB : Wa’alaikum
salam, silahkan.
Suryanti : Setelah
observasi di KB ibu, ada beberapa pertanyaan yang ingin kami tanyakan kepada
ibu mengenai KB ini, bersediakah ibu menjawab ?
Kepala
KB : Insya
Allah kami bersedia.
Suryanti :
Kapan KB ini berdiri, bagaimana pengelolaanya?
Kepala
KB :
KB ini berdiri 1 Agustus 2008, Pengelolaanya dikelola oleh pengurus
muslimat di desa Pecakaran
Suryanti : Dalam kegiatan pembelajaran biasanya
menggunakan model sentra apa kelompok ?
Kepala KB : Sentra
Suryanti : Kenapa menggunakan sentra ?
Kepala KB : Karena
dengan menggunakan sentra dapat memberikan kesempatan anak didik untuk
mengembangkan aspek perkembangannya lebih besar, karena kegiatan sentra
berpusat pada anak bukan pada guru.
Suryanti : Ada berapa jumlah pendidik di KB ini ?
Kepala KB : 3 pendidik beserta kepala KB
Suryanti : Berapa jumlah anak didiknya ?
Kepala KB : 20 anak, laki-laki 7 dan
perempuan 13.
Suryanti : Kualifikasi pendidik di KB ini apa ?
Kepala KB : Masih SMA tetapi semuanya masih menempuh
pendidikan S1
Suryanti : Adakah
koordinasi / rapat antar pendidik dan pengelola dengan orang tua murid ?
Kepala KB : Ada
untuk koodinasi pendidik dengan pengelola dilakukan 1 bulan sekali dan untuk
koordinasi dengan orang tua murid dilakukan 3 bulan sekali.
Suryanti : Dan
akhirnya kami ucapkan terima kasih kepada ibu beserta pendidik yang berkenan
menjawab pertanyaan kami, dan semoga bermanfaat.
Kepala KB : Assalamu’alaikum.
Suryanti : Wa’alaikum
salam.
OBSERVASI
KEGIATAN PENGEMBANGAN
DI
TK BATIK PENCONGAN WIRADESA
Taman Kanak - kanak (TK) : TK Batik Pencongan Wiradesa
Tanggal : 13 Mei 2014
Usia : 4 – 5 Tahun
No
|
Hal-hal unik/menarik
yang ditemukan dalam kegiatan
|
Ada
|
Keterangan/uraian/pertanyaan
|
|
Ya
|
Tidak
|
|||
1.
|
Model
pengembangan kegiatan
|
ü
|
Model pengembangan
dengan kelompok
Pertanyaan: Kenapa tidak
menggunakan metode pengembangan Sentra
|
|
2.
|
Penataan
ruangan
|
ü
|
Tempat duduk anak
dibagi menjadi 3 kelompok
|
|
3.
|
Kegiatan
yang dilakukan anak
|
ü
|
Anak-anak duduk
dikursi masing-masing, sambil bertanya & menjawab pertanyaan guru.
|
|
4.
|
Alat
Peraga Edukatif (APE) yang digunakan
|
ü
|
||
5.
|
Pengaturan/
pengelompokkan
anak
|
ü
|
Anak-anak duduk
dikursi masing-masing, membentuk 3 kelompok
|
|
6.
|
Cara
pendidik memimpin kegiatan
|
ü
|
Guru meminta
anak mendengarkan pertanyaan guru dan
guru memancing anak untuk menjawab pertanyaan guru.
Pertanyaan: Apakah semua
anak dapat bertanya dan menjawab pertanyaan guru
|
|
7.
|
Peran
orang tua anak
|
ü
|
||
8.
|
Pemberian
Motivasi
|
ü
|
Ada diberi motivasi
dengan reward pada anak yang bisa dan mau menjawab pertanyaan guru.
Pertanyaan : Reward
apa yang diberikan pada anak ?
|
|
9.
|
Evaluasi
|
ü
|
Pendidik mengamati
dan memantau anak yang mau dan bisa menjawab dan aktif bertanya pada guru.
|
|
10.
|
Waktu
Pembelajaran
|
ü
|
Pelaksanaan
pembelajaran dari pukul: 07.30 – 10.00 WIB
|
WAWANCARA
Wawancara
yang dilakukan terhadap pendidik di TK Batik Pencongan Wiradesa
Suryanti : Assalamu’alaikum
Pendidik : Wa’alaikum salam
Suryanti : Sebelumnya saya terima kasih telah
diijinkan melihat kegiatan pembelajaran yang ibu lakukan , dan saya ingin
mengajukan beberapa pertanyaan kepada ibu.
Pendidik : Ya, silahkan Insya Allah saya akan menjawab
semampu saya.
Suryanti : Berapa usia anak didik pada TK Batik ini ?
Pendidik : Rata-rata 4-6 tahun.
Suryanti : Bagaimana penyusunan rencana kegiatan untuk
anak di TK Batik ini ?
Pendidik : Kami membuat program tahunan, program
semester, satuan kegiatan mingguan dan kegiatan bermain harian.
Suryanti : Apa yang ibu gunakan untuk menyusun
kegiatan bermain harian anak?
Pendidik : Kami mengacu pada Kurikulum yang dibuat oleh
Dirjen PAUD yang dipadukan dengan kurikulum dari Lembaga.
Suryanti : Tadi ibu melakukan kegiatan tanya jawab
diawal kegiatan, kenapa ibu melakukan kegiatan itu ?
Pendidik : Karena disamping bagian dari kurikulum yang
telah ada, kami juga ingin melatih anak agar lebih komunikatif.
Suryanti : Selain tanya jawab dengan guru, adakah
metode lain yang digunakan ?
Pendidik : Ada. Seperti bercerita, bercakap-cakap dan
metode lainnya.
Suryanti : Dengan cara apa ibu mengevaluasi kegiatan
anak?
Pendidik : Kami mengisinya dengan anak yang sudah mampu,
sedang/rata-rata/cukup, dan tidak mampu/kurang pada lembar penilaian.
Suryanti : Bagaimana membedakan anak yang mampu,
rata-rata dan yang tidak mampu?
Pendidik : Melalui pengamatan pada waktu kegiatan
berlangsung.
Suryanti : Saya sangat berterima kasih telah diberi
penjelasan oleh ibu dan saya mohon maaf apabila mengganggu waktu ibu.
Pendidik : Sama-sama, saya juga senang dapat membantu.
Suryanti : Assalamu’alaikum
Pendidik : Wassalamu’alaikum
WAWANCARA
Wawancara
yang dilakukan terhadap Kepala di TK Batik PenconganWiradesa
Suryanti : Assalamu’alaikum
Kepala TK : Wa’alaikum
salam
Suryanti : Mohon
ma’af dan terima kasih sebelumnya kami telah diberikan ijin untuk obsevasi di TK yang ibu pimpin ini.
Kepala TK : Ya, sama-sama kami
juga merasa bangga TK kami mendapat
kunjungan dari ibu
Suryanti : Sejak kapan TK Batik ini berdiri ?
Kepala TK : Sejak 10 Agustus 1957
Suryanti : Apa yang menjadi Visi
dan Misi dari TK Batik ini ?
Kepala TK : - Visi
Menyiapkan
anak didik agar menjadi generasi yang bertaqwa, cerdas, kreatif, dan terampil
-
Misi
Ikut
mencerdaskan anak bangsa mewujudkan kreatifitas dan kemandirian anak untuk
berjiwa sosial.
Suryanti : Adakah Program
khusus di TK Batik ini ?
Kepala TK : Ada, di TK Batik
memiliki program ekstrakulikuler drumband.
Suryanti : Kapan program itu dilaksanakan ?
Kepala TK : Progaram itu
dilaksanakan mulai semester 2 pada anak kelompok B, karena usia kelompok B
lebih dianggap mudah untuk dilatih dibanding usia kelompok A.
Suryanti : Selain drumband adakah program-program
khusus lainya ?
Kepala TK : Tidak ada
Suryanti : TK ini memiliki banyak murid, bagaimana ibu
mengaturnya agar program pembelajaran berjalan dengan baik ?
Kepala TK : Pada Kelompok A kami
bagi menjadi 2 rombongan belajar, begitu pula dengan kelompok B yang
masing-masing rombongan belajar terdapat 2 pendidik.
Suryanti : Dan akhirnya kami ucapkan terima kasih
kepada ibu yang berkenan menjawab pertanyaan dari kami, semoga dapat
bermanfaat.
Kepala TK : Amin ya robbal ‘alamin
Suryanti : Assalamu’alaikum
Kepala TK : Wa’alaikum salam
OBSERVASI
KEGIATAN PENGEMBANGAN
DI
TPA ASH SHIBYAN BENER WIRADESA
TPA :
Ash shibyan Bener Wiradesa
TANGGAL : 16
Mei 2014
USIA :
2,5 - 3,5 tahun
No
|
Hal-hal
unik/menarik yang ditemukan dalam kegiatan
|
Ada
|
Keterangan/uraian/pertanyaan
|
|
Ya
|
Tidak
|
|||
1.
|
Pola
asuh
|
ü
|
Pola asuh student active learning and
religius
|
|
2.
|
Penataan
ruangan
|
ü
|
Ruangan tanpa ada
meja dan kursi, hanya dipojok ruang terdapat loker anak.
Pertanyaan : Kenapa
tidak menggunakan meja dan kursi untuk anak ?
|
|
3.
|
Kegiatan
yang dilakukan anak
|
ü
|
Anak diajak bercakap-cakap
sambil menempel dengan bantuan pendidik.
Kenapa tidak
dibiarkan anak menempel sendiri ?
|
|
4.
|
Alat
Peraga Edukatif (APE) yang digunakan
|
ü
|
Topeng buatan pendidik
|
|
5.
|
Pengaturan/
pengelompokkan
anak
|
ü
|
||
6.
|
Cara
pendidik memimpin kegiatan
|
ü
|
Guru memanggil anak
satu persatu untuk didampingi saat menempel
|
|
7.
|
Pemberian
Motivasi
|
ü
|
Anak diberi motivasi
dengan memberikan topeng yang sudah dibuat boleh untuk dibawa pulang.
Pertanyaan : Kenapa
memberi motivasi dengan cara itu ?
|
|
8.
|
Evaluasi
|
ü
|
Pendidik mengevaluasi
dengan melihat proses anak menempel dan memberikan penilaian.
|
|
9.
|
Waktu
pembelajaran
|
ü
|
Anak usia 2,5 – 3,5
tahun / kelas AB pembelajaran sampai jam 10.00 WIB, setelah itu istirahat
bermain dilanjutkan tidur siang dan anak pulang jam 14.30 WIB
|
WAWANCARA
Wawancara
yang dilakukan terhadap pendidik di TPA Ash shibyan Bener Wiradesa
Suryanti : Assalamu’alaikum,
Bu.
Pendidik : Wa’alaikum
salam, silahkan bu.
Suryanti
: Berapa jumlah anak didik di TPA ini ?
Pendidik : 54
anak.
Suryanti : Usia
berapa saja anak didik ibu?
Pendidik : dari
usia 2,5 sampai 6 tahun.
Suryanti
: Dari mana sajakah anak-anak TPA berasal?
Pendidik : Sebagian
dari lingkungan sekitar, tapi ada juga yang berasal desa-desa di sekitar Kecamatan
Wiradesa dan ada juga yang dari kecamatan lain.
Suryanti : Apa
di TPA ini ada program khusus?
Pendidik : Ada,
di TPA kami ada program keislaman
Di TPA
kami ada program praktek sholat dhuha setiap harinya untuk kelompok usia TK dan
sholat Jum’at bagi anak laki-laki
Suryanti : Bagaimana
penyusunan rencana kegiatan untuk anak di TPA ini.
Pendidik : Kami
membuat program tahunan, program semester, satuan kegiatan mingguan dan ada
hari khusus bagi anak untuk belajar keluar dari TPA, seperti kegiatan outbond
dan renang.
Suryanti : Referensi
apa yang ibu gunakan untuk menyusun kegiatan bermain harian anak?
Pendidik : Kami
mengacu pada Kurikulum yang dibuat oleh Dirjen PAUD yang dipadukan dengan
kurikulum dari yayasan kami.
Suryanti : Tadi
ibu melakukan kegiatan membuat topeng, padahal anak hanya menempel/merekat saja
tidak sepenuhnya dilibatkan dalam pembuatannya, kenapa seperti itu ?
Pendidik : Karena
tujuan utama dari kegiatan ini adalah melatih kemampuan anak dalam menempel
yang sesuai, maka agar kegiatan lebih menyenangkan dan menarik bagi anak maka
dibuatlah bentuk topeng.
Suryanti : Oh
begitu, lalu bagaimana cara ibu memotivasi kegiatan anak?
Pendidik : Pendidik
memberikan jempol untuk anak yang baik dalam melaksanakan kegiatan
Suryanti : O...
jadi begitu ya bu, tanpa terasa kita sudah berbincang banyak, kami sangat
berterima kasih telah diberi penjelasan oleh ibu dan saya mohon maaf apabila mengganggu
waktu ibu.
Pendidik : Sama-sama
Suryanti : Assalamu’alaikum
Pendidik : Wa’alaikum
salam
WAWANCARA
Wawancara
yang dilakukan terhadap kepala di TPA Ash shibyan Bener Wiradesa
Suryanti : Assalamu’alaikum,
Bu.
Kepala TPA : Wa’alaikum
salam, silahkan bu.
Suryanti : Berapa jumlah pendidik di TPA ini ?
Kepala TPA : 6
pendidik, 1 kepala dan 1 staf administrasi
Suryanti : Kualifikasi
pendidikannya apa bu ?
Kepala TPA : Ada
sebagian sudah S1 dan sebagian masih menempuh pendidikan S1
Suryanti
: Dari mana sajakah anak-anak TPA
berasal?
Kepala TPA : Sebagian
dari lingkungan sekitar, tapi ada juga yang berasal desa-desa di sekitar
Kecamatan Wiradesa dan ada juga yang dari kecamatan lain.
Suryanti : Apa
di TPA ini ada program khusus?
Kepala TPA : Ada,
di TPA kami ada program keislaman.
Di
TPA kami ada program praktek sholat dhuha setiap harinya untuk kelompok usia TK
dan sholat Jum’at bagi anak laki-laki
Suryanti : Sudahkah
TPA ini mendapatkan ijin dari dinas terkait ?
Kepala TPA : Ya,
sudah dari Diknas dengan nomor 421.102/1294/2008
Suryanti : Lalu
bagaimana pengelolaannya ?
Kepala TPA : Pengelolaannya dikelola oleh yayasan Al-Aflah
Suryanti : Bagaimana
dengan pengaturan waktu pembelajaran di TPA ini ?
Kepala TPA : Untuk
waktu pembelajaran berdasarkan usia anak. Anak dengan usia 2,5-3,5 tahun
pembelajaran dari pukul 08.00-14.30 WIB, bagi usia setara TK pembelajaran
sampai pukul 16.00 WIB.
Suryanti : Terima
kasih, atas waktu dan penjelasannya. Dan kami mohon ma’af apabila telah
mengganggu waktu ibu. Assalamu’alaikum
Kepala TPA : Sama-sama
ibu, Wa’alaikum salam
Comments
Post a Comment