Daftar Lampiran Analisis



OBSERVASI KEGIATAN PENGEMBANGAN
DI KB DEWI MASITOH PECAKARAN

Kelompok Bermain ( KB )                  :  KB Dewi Masitoh Pecakaran
Tanggal                                               :  12 Mei 2014
Usia                                                     :  3-4 tahun
No
Hal-hal unik/menarik yang ditemukan dalam kegiatan
Ada
Keterangan/uraian/pertanyaan
Ya
Tidak
1.
Model pengembangan kegiatan
  ü

Model pengembangan kegiatan dengan Sentra
2.
Penataan ruangan
ü

Kegiatan dilakukan di dalam ruangan.
3.
Kegiatan yang dilakukan anak
ü

Anak secara bergantian mengerjakan tugas
4.
Alat Peraga Edukatif (APE) yang digunakan
ü

Lego
Pertanyaan:  Mengapa menggunakan lego?
Kenapa tidak menggunakan balok/APE lainnya?
5.
Pengaturan / pengelompokkan anak
ü

Ada 3 kegiatan main
6.
Cara pendidik memimpin kegiatan
ü

Pendidik memberikan penjelasan kepada anak didiknya bagaaimana aturan mainnya dalam kegiatan kemudian pendidik juga tidak memaksa kepada anak didik untuk mengerjakan kegiatan yang akan di kerjakan terlebih dahulu.
7.
Pemberian Motivasi


ü

Anak diberi motivasi dengan semangat, bujukan/ajakan  dan reward agar mau mengerjakan tugas.
8.
Evaluasi
ü

Pendidik mengamati dan memantau anak yang serius atau tidak dalam mengerjakan tugas.
Pertanyaan: Mengapa anak tidak mau  mengerjakan tugas dari guru?
9.
Waktu Pembelajaran
ü

Pelaksanaan pembelajaran di sore hari.
Pertanyaan : Mengapa pelaksanaan harus sore hari ?
Mengapa tidak pagi hari ?








WAWANCARA
Wawancara yang dilakukan terhadap pendidik di KB Dewi Masitoh Pecakaran

Suryanti          :    Asalamualaikum
Pendidik         :    Wa’alaikum salam, silahkan.          
Suryanti          :    Usia berapa saja anak didik ibu?
Pendidik          :   Usia 3-4 tahun.
Suryanti          :   Apa keistimewaan program di kelompok bermain yang ibu asuh?
Pendidik         :      -    Pembelajaran berdasarkan kurikulum standar PAUD
-          Pembelajaran disesuaikan dengan perkembangan anak
-          Teknis pembelajaran berbasis islam
-          Pembelajaran dengan sentra
Suryanti          :    Apakah masih ada anak didik ibu yang belum mau berpisah dengan orang tua, bagaimana cara membujuknya?
Pendidik         :    Ya Ada, dengan cara bertahap ibu menjauh sedikit demi sedikit
Suryanti          :    Ada berapa kegiatan yang dibuka tiap harinya?
Pendidik         :    Tiap hari dibuka 3 kegiatan.
Suryanti          :    Media apa yang ibu gunakan agar anak aktif dalam kegiatan?
Pendidik         :    Media yang digunakan merupakan kreatifitas guru sendiri , media yang sudah jadi dan media yang lainnya.
Suryanti          :    Referensi apa yang ibu gunakan untuk menyusun rencana kegiatan anak?
Pendidik         :    Kami mengacu pada Kurikulum KBK yang dipadukan dengan kurikulum dari Menu Generik
Suryanti          :    Bagaimana cara memotivasi kepada anak yang tak mau melakukan kegiatan?
Pendidik         :    Dibujuk dan diberi pengarahan.
Suryanti          :    Bagaimana cara melakukan evaluasi terhadap anak didik ?
Pendidik         :    Pelaksanaan proses pembelajaran melalui bermain
                            Penilaian pembelajaran melalui bermain
Suryanti          :    Bagaimana membedakan anak yang mampu, rata-rata dan yang tidak mampu?
Pendidik         :    Melalui pengamatan pada wakttu kegiatan berlangsung.
Suryanti          :    Dan akhirnya kami ucapkan terima kasih kepada ibu yang berkenan menjawab pertanyaan dari kami, semoga bermanfaat dan menambah wawasan buat kami.
Pendidik         :    Amin ya robbal alamin
Suryanti          :    Assalamualaikum
Pendidik         :    Wa’alaikum salam







WAWANCARA
Wawancara yang dilakukan terhadap Kepala di KB Dewi Masitoh Pecakaran

Suryanti          :    Asalamualaikum
Kepala KB      :    Wa’alaikum salam, silahkan.          
Suryanti          :    Setelah observasi di KB ibu, ada beberapa pertanyaan yang ingin kami tanyakan kepada ibu mengenai KB ini, bersediakah ibu menjawab ?
Kepala KB      :   Insya Allah kami bersedia.
Suryanti          :   Kapan KB ini berdiri, bagaimana pengelolaanya?
Kepala KB      :   KB ini berdiri 1 Agustus 2008, Pengelolaanya dikelola oleh pengurus muslimat di desa Pecakaran
Suryanti          :    Dalam kegiatan pembelajaran biasanya menggunakan model sentra apa kelompok ?
Kepala KB      :   Sentra
Suryanti          :    Kenapa menggunakan sentra ?
Kepala KB     :    Karena dengan menggunakan sentra dapat memberikan kesempatan anak didik untuk mengembangkan aspek perkembangannya lebih besar, karena kegiatan sentra berpusat pada anak bukan pada guru.
Suryanti           :   Ada berapa jumlah pendidik di KB ini ?
Kepala KB      :   3 pendidik beserta kepala KB
Suryanti          :    Berapa jumlah anak didiknya ?
Kepala KB      :   20 anak, laki-laki 7 dan perempuan 13.
Suryanti          :   Kualifikasi pendidik di KB ini apa ?
Kepala KB      :   Masih SMA tetapi semuanya masih menempuh pendidikan S1 
Suryanti           :   Adakah koordinasi / rapat antar pendidik dan pengelola dengan orang tua murid ?
Kepala KB     :    Ada untuk koodinasi pendidik dengan pengelola dilakukan 1 bulan sekali dan untuk koordinasi dengan orang tua murid dilakukan 3 bulan sekali.
Suryanti          :    Dan akhirnya kami ucapkan terima kasih kepada ibu beserta pendidik yang berkenan menjawab pertanyaan kami, dan semoga bermanfaat.
Kepala KB      :   Assalamu’alaikum.
Suryanti          :    Wa’alaikum salam.

















OBSERVASI KEGIATAN PENGEMBANGAN
DI TK BATIK PENCONGAN WIRADESA

Taman Kanak - kanak (TK)                : TK Batik Pencongan Wiradesa
Tanggal                                               : 13 Mei  2014
Usia                                                     : 4 – 5 Tahun

No
Hal-hal unik/menarik yang ditemukan dalam kegiatan
Ada
Keterangan/uraian/pertanyaan
Ya
Tidak
1.
Model pengembangan kegiatan
ü

Model pengembangan dengan kelompok
Pertanyaan: Kenapa tidak menggunakan metode pengembangan Sentra
2.
Penataan ruangan
ü

Tempat duduk anak dibagi menjadi 3 kelompok
3.
Kegiatan yang dilakukan anak
ü

Anak-anak duduk dikursi masing-masing, sambil bertanya & menjawab pertanyaan guru.
4.
Alat Peraga Edukatif (APE) yang digunakan

ü

5.
Pengaturan/
pengelompokkan anak
ü

Anak-anak duduk dikursi masing-masing, membentuk 3 kelompok
6.
Cara pendidik memimpin kegiatan
ü

Guru meminta anak  mendengarkan pertanyaan guru dan guru memancing anak untuk menjawab pertanyaan guru.
Pertanyaan: Apakah semua anak dapat bertanya dan menjawab pertanyaan guru
7.
Peran orang tua anak

ü

8.
Pemberian Motivasi
ü

Ada diberi motivasi dengan reward pada anak yang bisa dan mau menjawab pertanyaan guru.
Pertanyaan : Reward apa yang diberikan pada anak ?
9.
Evaluasi
ü

Pendidik mengamati dan memantau anak yang mau dan bisa menjawab dan aktif bertanya pada guru.
10.
Waktu Pembelajaran
ü

Pelaksanaan pembelajaran dari pukul: 07.30 – 10.00 WIB











WAWANCARA
Wawancara yang dilakukan terhadap pendidik di TK Batik Pencongan Wiradesa

Suryanti        :    Assalamu’alaikum    
Pendidik       :    Wa’alaikum salam
Suryanti        :    Sebelumnya saya terima kasih telah diijinkan melihat kegiatan pembelajaran yang ibu lakukan , dan saya ingin mengajukan beberapa pertanyaan kepada ibu.
Pendidik       :    Ya, silahkan Insya Allah saya akan menjawab semampu saya.
Suryanti        :    Berapa usia anak didik pada TK Batik ini ?
Pendidik       :    Rata-rata 4-6 tahun.
Suryanti        :    Bagaimana penyusunan rencana kegiatan untuk anak di TK Batik ini ?
Pendidik       :    Kami membuat program tahunan, program semester, satuan kegiatan mingguan dan kegiatan bermain harian.
Suryanti        :    Apa yang ibu gunakan untuk menyusun kegiatan bermain harian anak?
Pendidik       :    Kami mengacu pada Kurikulum yang dibuat oleh Dirjen PAUD yang dipadukan dengan kurikulum dari Lembaga.
Suryanti        :    Tadi ibu melakukan kegiatan tanya jawab diawal kegiatan, kenapa ibu melakukan kegiatan itu ?
Pendidik       :    Karena disamping bagian dari kurikulum yang telah ada, kami juga ingin melatih anak agar lebih komunikatif.
Suryanti        :    Selain tanya jawab dengan guru, adakah metode lain yang digunakan ?
Pendidik       :    Ada. Seperti bercerita, bercakap-cakap dan metode lainnya.
Suryanti        :  Dengan cara apa ibu mengevaluasi kegiatan anak?
Pendidik       :  Kami mengisinya dengan anak yang sudah mampu, sedang/rata-rata/cukup, dan tidak mampu/kurang pada lembar penilaian.
Suryanti        :  Bagaimana membedakan anak yang mampu, rata-rata dan yang tidak mampu?
Pendidik       :  Melalui pengamatan pada waktu kegiatan berlangsung.
Suryanti        :  Saya sangat berterima kasih telah diberi penjelasan oleh ibu dan saya mohon maaf apabila mengganggu waktu ibu.
Pendidik       :  Sama-sama, saya juga senang dapat membantu.
Suryanti        :  Assalamu’alaikum
Pendidik       :  Wassalamu’alaikum














WAWANCARA
Wawancara yang dilakukan terhadap Kepala di TK Batik PenconganWiradesa
                       
Suryanti        :  Assalamu’alaikum
Kepala TK    :    Wa’alaikum salam
Suryanti        :    Mohon ma’af dan terima kasih sebelumnya kami telah diberikan                    ijin untuk obsevasi di TK yang ibu pimpin ini.
Kepala TK    :    Ya, sama-sama kami juga merasa bangga TK kami mendapat            kunjungan dari ibu
Suryanti        :    Sejak kapan TK Batik ini berdiri ?
Kepala TK    :    Sejak 10 Agustus 1957
Suryanti        : Apa yang menjadi Visi dan Misi dari  TK Batik ini ?
Kepala TK    : - Visi
  Menyiapkan anak didik agar menjadi generasi yang bertaqwa, cerdas, kreatif, dan terampil
                        - Misi
  Ikut mencerdaskan anak bangsa mewujudkan kreatifitas dan kemandirian anak untuk berjiwa sosial.
Suryanti        :  Adakah Program khusus di TK Batik ini ?
Kepala TK    :    Ada, di TK Batik memiliki program ekstrakulikuler drumband.
Suryanti        :    Kapan program itu dilaksanakan ?
Kepala TK    :    Progaram itu dilaksanakan mulai semester 2 pada anak kelompok B, karena usia kelompok B lebih dianggap mudah untuk dilatih dibanding usia kelompok A.
Suryanti        :    Selain drumband adakah program-program khusus lainya ?
Kepala TK    :    Tidak ada
Suryanti        :    TK ini memiliki banyak murid, bagaimana ibu mengaturnya agar program pembelajaran berjalan dengan baik ?
Kepala TK    :    Pada Kelompok A kami bagi menjadi 2 rombongan belajar, begitu pula dengan kelompok B yang masing-masing rombongan belajar terdapat 2 pendidik.
Suryanti        :    Dan akhirnya kami ucapkan terima kasih kepada ibu yang berkenan menjawab pertanyaan dari kami, semoga dapat bermanfaat.
Kepala TK    :    Amin ya robbal ‘alamin
Suryanti        :    Assalamu’alaikum
Kepala TK    :    Wa’alaikum salam


OBSERVASI KEGIATAN PENGEMBANGAN
DI TPA ASH SHIBYAN BENER WIRADESA

TPA                 : Ash shibyan Bener Wiradesa
TANGGAL    : 16 Mei  2014
USIA              : 2,5 - 3,5 tahun

No
Hal-hal unik/menarik yang ditemukan dalam kegiatan
Ada
Keterangan/uraian/pertanyaan
Ya
Tidak
1.
Pola asuh
ü

Pola asuh student active learning and religius
2.
Penataan ruangan
ü

Ruangan tanpa ada meja dan kursi, hanya dipojok ruang terdapat loker anak.
Pertanyaan : Kenapa tidak menggunakan meja dan kursi untuk anak ?
3.
Kegiatan yang dilakukan anak
ü

Anak diajak bercakap-cakap sambil menempel dengan bantuan pendidik.
Kenapa tidak dibiarkan anak menempel sendiri ?
4.
Alat Peraga Edukatif (APE) yang digunakan
 ü

Topeng buatan pendidik
5.
Pengaturan/
pengelompokkan anak

   ü

6.
Cara pendidik memimpin kegiatan
ü

Guru memanggil anak satu persatu untuk didampingi saat menempel
7.
Pemberian Motivasi
ü

Anak diberi motivasi dengan memberikan topeng yang sudah dibuat boleh untuk dibawa pulang.
Pertanyaan : Kenapa memberi motivasi dengan cara itu ?
8.
Evaluasi
ü
  
Pendidik mengevaluasi dengan melihat proses anak menempel dan memberikan penilaian.
9.
Waktu pembelajaran
ü

Anak usia 2,5 – 3,5 tahun / kelas AB pembelajaran sampai jam 10.00 WIB, setelah itu istirahat bermain dilanjutkan tidur siang dan anak pulang jam 14.30 WIB




WAWANCARA
Wawancara yang dilakukan terhadap pendidik di TPA Ash shibyan Bener Wiradesa

Suryanti          :    Assalamu’alaikum, Bu.
Pendidik         :    Wa’alaikum salam, silahkan bu.
Suryanti          :   Berapa jumlah anak didik di TPA ini ?
Pendidik         :    54 anak.
Suryanti          :    Usia berapa saja anak didik ibu?
Pendidik         :    dari usia 2,5 sampai 6 tahun.
Suryanti          :   Dari mana sajakah anak-anak TPA berasal?
Pendidik         :    Sebagian dari lingkungan sekitar, tapi ada juga yang berasal desa-desa di sekitar Kecamatan Wiradesa dan ada juga yang dari kecamatan lain.
Suryanti          :    Apa di TPA ini ada program khusus?
Pendidik         :    Ada, di TPA kami ada program keislaman
                             Di TPA kami ada program praktek sholat dhuha setiap harinya untuk kelompok usia TK dan sholat Jum’at bagi anak laki-laki
Suryanti          :    Bagaimana penyusunan rencana kegiatan untuk anak di TPA ini.
Pendidik         :    Kami membuat program tahunan, program semester, satuan kegiatan mingguan dan ada hari khusus bagi anak untuk belajar keluar dari TPA, seperti kegiatan outbond dan renang.
Suryanti          :    Referensi apa yang ibu gunakan untuk menyusun kegiatan bermain harian anak?
Pendidik         :    Kami mengacu pada Kurikulum yang dibuat oleh Dirjen PAUD yang dipadukan dengan kurikulum dari yayasan kami.
Suryanti          :    Tadi ibu melakukan kegiatan membuat topeng, padahal anak hanya menempel/merekat saja tidak sepenuhnya dilibatkan dalam pembuatannya, kenapa seperti itu ?
Pendidik         :    Karena tujuan utama dari kegiatan ini adalah melatih kemampuan anak dalam menempel yang sesuai, maka agar kegiatan lebih menyenangkan dan menarik bagi anak maka dibuatlah bentuk topeng.
Suryanti          :    Oh begitu, lalu bagaimana cara ibu memotivasi kegiatan anak?
Pendidik         :    Pendidik memberikan jempol untuk anak yang baik dalam melaksanakan kegiatan
Suryanti          :    O... jadi begitu ya bu, tanpa terasa kita sudah berbincang banyak, kami sangat berterima kasih telah diberi penjelasan oleh  ibu dan saya mohon maaf apabila mengganggu waktu ibu.
Pendidik         :    Sama-sama
Suryanti          :    Assalamu’alaikum
Pendidik         :    Wa’alaikum salam




WAWANCARA
Wawancara yang dilakukan terhadap kepala di TPA Ash shibyan Bener Wiradesa

Suryanti          :    Assalamu’alaikum, Bu.
Kepala TPA    :    Wa’alaikum salam, silahkan bu.
Suryanti          :    Berapa jumlah pendidik di TPA ini ?
Kepala TPA    :   6 pendidik, 1 kepala dan 1 staf administrasi
Suryanti          :    Kualifikasi pendidikannya apa bu ?
Kepala TPA    :    Ada sebagian sudah S1 dan sebagian masih menempuh pendidikan S1
Suryanti          :   Dari mana sajakah anak-anak TPA berasal?
Kepala TPA    :    Sebagian dari lingkungan sekitar, tapi ada juga yang berasal desa-desa di sekitar Kecamatan Wiradesa dan ada juga yang dari kecamatan lain.
Suryanti          :    Apa di TPA ini ada program khusus?
Kepala TPA    :    Ada, di TPA kami ada program keislaman.
                             Di TPA kami ada program praktek sholat dhuha setiap harinya untuk kelompok usia TK dan sholat Jum’at bagi anak laki-laki
Suryanti          :    Sudahkah TPA ini mendapatkan ijin dari dinas terkait ?
Kepala TPA    :    Ya, sudah dari Diknas dengan nomor 421.102/1294/2008
Suryanti          :    Lalu bagaimana pengelolaannya ?
Kepala TPA    :    Pengelolaannya  dikelola oleh yayasan Al-Aflah
Suryanti          :    Bagaimana dengan pengaturan waktu pembelajaran di TPA ini ?
Kepala TPA    :    Untuk waktu pembelajaran berdasarkan usia anak. Anak dengan usia 2,5-3,5 tahun pembelajaran dari pukul 08.00-14.30 WIB, bagi usia setara TK pembelajaran sampai pukul 16.00 WIB.
Suryanti          :    Terima kasih, atas waktu dan penjelasannya. Dan kami mohon ma’af apabila telah mengganggu waktu ibu. Assalamu’alaikum
Kepala TPA    :    Sama-sama ibu, Wa’alaikum salam
                       

Comments

Popular Posts