Contoh PKP
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang
Masa Usia Dini adalah masa dimana
perkembangan fisik dan kemampuan anak berlangsung sangat cepat, salah satu
perkembangan yang sedang berlangsung pada diri anak TK adalah perkembangan
motoriknya. Usia dini merupakan masa keemasan (the golden age) namun sekaligus
periode yang sangat kritis dalam tahap perkembangan manusia. Perkembangan anak
usia dini sangat berpengaruh dan sangat menentukan kualitas kesehatan,
intelegensi, kematangan emosional, dan produktivitas pada tahap selanjtnya.
Kelompok Bermain merupakan salah satu
bentuk pendidikan anak usia dini jalur pendidikan non formal yang memberikan
layanan pendidikan bagi anak usia 2-6 tahun, untuk membantu pertumbuhan dan
perkembangan anak agar kelak lebih siap untuk memasuki pendidikan lebih lanjut.
Kelompok Bermain Siti Khadijah merupakan kelompok bermain yang terletak di
Kelurahan Kepatihan Kecamatan Wiradesa Kabupaten Pekalongan, yang telah
menggunakan Permendiknas 58/2009 dalam penyelenggaraannya. Aspek pengembangan
yang dilakukan di Kelompok Bermain Siti Khadijah adalah pengembangan kegiatan
bergerak melalui irama musik dimana
setiap harinya kegiatan bergerak melalui irama musik menggunakan CD Player dan
Televisi. Dari kegiatan pengembangan fisik motorik, setelah mendengar cerita
dari guru di Kelompok Bermain Siti Khadijah penulis berencana untuk melakukan Observasi
mengenai kegiatan bergerak melalui irama musik.
Mata Kuliah
Analisis dalam program pendidikan S1-PG PAUD Universitas Terbuka merupakan mata
kuliah yang membelajarkan mahasiswa untuk dapat melakukan suatu penelitian
mengenai kegiatan-kegiatan pembelajaran yang perlu dilakukan penelitian dan
untuk dapat di analisis secara kritis guna mengetahui sejauh mana keefektifan
kegiatan dalam Kelompok Bermain Siti Khadijah
B.
Fokus Penelitian
Setelah di adakan observasi dengan guru KB Siti Khadijah, maka yang menjadi fokus penelitian adalah kegiatan
bergerak melalaui irama musik.
C.
Tujuan Penelitian
Adapun tujuan dalam Penelitian
ini adalah mengumpulkan
data mengenai:
1.
Proses kegiatan mengajar di Kelompok Bermain Siti Khadijah Kepatihan Wiradesa Pekalongan
2.
Media yang digunakan dalam kegiatan “Bergerak Melalui Irama Musik”
3.
Alasan
pendidik melakukan kegiatan “Bergerak
Melalui Irama Musik”.
4.
Tujuan
pendidik melakukan kegiatan “Bergerak
Melalui Irama Musik”.
D.
Manfaat Penelitian
Penelitian ini di harapkan dapat memberikan Manfaat penelitian untuk:
1.
Kelompok Bermain Siti Khadijah Kepatihan dalam memilih dan menerapkan
kegiatan pengembangan yang akan dilakukan
2.
Mahasiswa S1-PG PAUD dalam menganalisis dalam temuan masalah dalam kegiatan
belajar mengajar dapat menerapkan penelitian tindakan kelas dengan profesionalismenya.
3.
Semua guru yang menjadi wahana dalam pengembangan kemampuan menganalisis
kegiatan belajar mengajar di lembaga PAUD
BAB II
LANDASAN TEORI
A.
Pengertian
MotorikKasar
Menurut
buku balita dan perkembangannya (Sujiono, 2001 – 1:11) perkembangan motoric
anak terbagi menjadi dua bagian yaitu Motorik kasar dan Motorik Halus.
Motorik kasar adalah kemampuan
yang membutuhkan koordinasi sebagian besar bagian tubuh anak, biasanya
memerlukan tenaga karena dilakukan oleh otot yang lebih besar, seperti:
meloncat, memanjat, berlari, menaiki
sepeda dan lain-lain.
Untuk merangsang motorik kasar anak menurut hadis (2003)
dapat dilakukan dengan melatih anak untuk meloncat, memanjat, memeras, bersiul,
membuat ekspresi muka senang, sedih, gembira, berjinjit
dan sebainya.
Gerakan motorik kasar melibatkan aktifitas otot
tangan, kaki dan seluruh tubuh anak, dan motorik kasar seringnya berkembang
dulu dari pada motorik halus anak.
Menurut Seefelt Moelichatoen, 1999 (dalam Sujiono, 2010,1), menggolongkan 3
keterampilan motorik anak, yaitu:
1. Keterampilan Lokomotorik :
Berjalan, lari, meloncat, meluncur
2. Keterampilan non-lokomotorik
: gerak diam ditempat seperti, mengangkat mendorong, menarik, berayun
3. Keterampilan memproyeksi dan
menerima/menangkap benda : menangkap, melempar
Dalam buku anak pra
sekolah (2000) tertulis bahwa masa 5 tahun pertama adalah masa pesatnya
perkembangan motorik anak. Perkembangan motorik erat kaitannya dengan
perkembangan pusat motorik di otak. Jadi otaklah yang berfungsi sebagai bagian
dari susunan syaraf yang mengatur dan mengontrol semua aktifitas fisik dan
mental seseorang adapun gerak merupakan unsur utama dalam pengembangan motorik
anak.
B.
Pengertian
Gerak dengan Irama
Gerakan dapat didefinisikan sebagai perubahan
posisi atau perubahan sikap sedangkan irama adalah suatu keadaan gerak, bunyi
yang teratur, dan tetap anatanya. Sehingga yang dinamakan gerak berirama adalah
perubahan posisi sesuai bunyi yang teratur.
Pola gerak dasar di bagi menjadi 3 bentuk, yaitu:
1.
Gerak lokomotor (gerakan berpindah tempat)
2.
Gerak non lokomotor (tidak berpindah)
3.
Manipulatif (dimana ada sesuatu yang digerakkan)
Menurut Sayuti
Sahara (2003) gerak lokomotor merupakan gerak dasar yang menjadi pondasi pada
anak usia dini, contohnya: berjalan, berlari, meloncat dan memanjat.
C.
Alat
Penilaian dalam Pengembangan Fisik Motorik
1. Pengematan atau Observai
2. Catatan Anekdot
3. Portofolio
Sedangkan prinsip penilaian yang harus
diperhatikan dalam kegiatan penilaian adalah menyeluruh, berkesinambungan,
berorientasi pada proses tujuan, objektif, mendidik, kebermaknaan dan
kesesuaian.
Adapun manfaat motorik bagi anak sangatlah besar yaitu berperan penting
untuk menjaga kesehatan tubuh anak dan bermanfaat untuk pertumbuhan aspek-aspek
kemampuan anak lainnya, seperti aspek perkembangan kognitif dan sosial
emosional anak.
BAB III
METODOLOGI PENELITIAN
A. Subyek
Penelitian
Subyek penelitian
ini adalah anak-anak usia 3-4 tahun
di Kelompok Bermain Siti Khadijah Kepatihan, Wiradesa Kabupaten Pekalongan
B. Metode
Penelitian
Penelitian ini
menggunakan interpretative yaitu menginterpretasikan data mengenai fenomena
atau gejala yang diteliti di lapangan yaitu pengembangan fisik motorik dalam kegiatan “bergerak melalui irama
musik”
C. Instrumen
Penelitian
Instrumen yang di gunakan dalam penelitian ini adalah:
1.
Observasi (Pengamatan) yaitu suatu teknik yang dapat dilakukan guru untuk mendapatkan
berbagai informasi atau data tentang perkembangan atau permaalahan anak.
Observasi dilakukan dengan cara mengamati tidak melakukan percakapan.
Adapun kelebihan dari observasi adalah waktu yang
digunakan tidak terlalu lama, memungkinkan pencatatan yang serempak, tidak
membutuhkan biaya besar dan hanya dilakukan dengan cara mengamati. Sedangkan
kelemahan Observasi adalah:
a.
Guru hanya mengamati perilaku yang nampak pada anak
b.
Perilaku yang tampak belum tentu menggambarkan masalah
c.
Kejadian yang hendak di Observasi tidak selalu dapat diramalkan sebelumnya
d.
Observasi banyak tergantung pada faktor-faktor yang tidak dapat di kontrol.
2.
Wawancara (Percakapan) yaitu suatu teknik pengumpulan data yang dapat dilakukan
guru untuk mendapatkan informasi tentang perkembangan atau permasalahan anak
dengan cara melakukan percakapan langsung. Teknik wawancara terdiri atas dua
bentuk yaitu, wawncara struktur dan wawancara tak struktur.
Wawancara
terstruktur adalah wawancara dengan menggunakan daftar pertanyaan tertulis (Koesioner)
dan jawabannya sudah disediakan dalam bentuk skala.
3.
Dokumentasi,
yaitu untuk mengumpulkan data dengan
cara mengalir atau mengambil data-data dari catatan, dokumentasi, administrasi,
yang sesuai dengan masalah yang diteliti. Dalam hal ini dokumentasi diperoleh
melalui dokumen atau arsip dari lembaga yang diteliti yaitu Kelompok Bermain
Siti Khadijah.
BAB IV
ANALISIS DATA
A. Tabulasi
Data
Observasi
|
Wawancara dengan guru
|
Wawancara dengan Pimpinan KB
|
Dokumentasi
|
Model
pengembangan kegiatan klasikal
|
Di
KB yang kami asuh menggunakan model
pengembangan klasikal karena kondisi tempat yang tidak memungkinkan
|
Di KB yang
kami asuh masih menggunakan model klasikal karena mengingat kondisi yang
tidak memadai
|
|
APE luar di
pajang di luar kelas
|
Di KB yang
kami asuh APE luar di pajang di luar hanya 2 permainan karena tidak punya
halaman yang luas
|
APE tidak
banyak seperti di Sekolah lain karena sekolah kami tidak mempunyai halaman
yang luas.
|
|
Dalam
kegiatan pembelajaran anak diminta bergerak sesuai irama
|
Di KB selain bidang keagamaan seperti do’a –do’a pendek atau shalawat
kami juga menerapkan kegiatan bergerak sesuai irama musik.
|
Selain
bidang agama yang saya tekankan juga bidang lain yang dapat menunjang
perkembangan anak
|
RKH
|
Guru
menggunakan CD dan Televisi
|
Pembelajaran
yang kami berikan adalah bergerak melalui irama musik
|
Materi
pembelajaran yang kami berikan bergerak melalui irama musik, karena untuk
melatih kemampuan fisik motorik atau motorik kasar anak.
|
RKH
|
Anak berdiri
berbaris di depan layar televisi di ruang kelas
|
Kami
mengkondisikan anak tetap diruang kelas karena kami tidak mempunyai halaman
yang luas
|
Kami
melaksankan kegiatan bergerak melalui irama musik tetap di ruang kelas karena
kami tidak memiliki halaman yang luas
|
|
Pendidik
membariskan anak-anak
|
Kegiatan
membariskan selalu kami lakukan di awal kegiatan
|
Berbaris
adalah kewajiban yang harus kami lakukan setiap hari di awal kegiatan
|
|
Ada satu
wali murid yang berada di ruang kelas
|
Kegiatan
orang tua murid Cuma untuk menemani karena anaknya rewel tidak mau di tinggal
ibunya
|
Satu wali
murid itu sudah sering kami ingatkan untuk meninggalkan ruang kelas tetapi
masih saja belum bisa
|
|
Guru
mengevaluasi anak setelah selesai kegiatan dilakukan
|
Kami selalu
memberi penilaian pada anak yang telah selesai dalam melakukan tugas.
|
Kami
memberikan penilaian berupa 5 tempat gambar bintang di tangan ank. Selain
fisik motorik kami memberi bintang di lembar tugas.
|
B.
Analisis Kritis
Dari
data tersebut dapat disimpulkan bahwa kegiatan bergerak melalui irama musik merupakan sesuatu kegiatan yang bertujuan untuk
melatih keterampilan gerak dan fisik anak dalam menjaga kesehatan tubuh.
Kegiatan pengembangan kemampuan bergerak melalui irama musik anak di Kelompok
Bermain Siti Khadijah merupakan kegiatan dalam mengembangkan kemampuan fisik
motorik anak yang tercantum dalam dokumen pembelajaran pada Kelompok Bermain
Siti Khadijah Kepatihan Kecamatan Wiradesa Kabupaten Pekalongan.
Guru Kelompok Bermain Siti Khadijah selalu
memprioritaskan pembelajaran yang mengembangkan kemampuan fisik motorik kasar
seperti halnya bergerak melalui irama musik. Buku balita dan perkembangannya (dalam Sujiono, 2001),
mengatakan bahwa perkembangan motorik anak ada 2 yaitu motorik kasar dan
motorik halus.
Di Kelompok Bermain Siti Khadijah pendidik dan
kepala KB selalu memberikan penghargaan (reeward) kepada setiap anak setelah
mengerjakan tugas yang diminta oleh guru. Menurut Saeful Bahri D. (1997) dengan
memberikan penghargaan akan dapat meningkatkan rasa percaya diri anak, semangat
anak dalam belajar dan anak merasa bangga serta menghargai guru yang memberikan
penghargaan tersebut, sehingga pemberian penghargaan merupakan suatu upaya
memotivasi anak dalam kegiatan belajar.
Menurut penulis kegiatan bergerak sesuai Irama Musik di KB Siti Khadijah
Kepatihan berjalan dengan baik, hampir seluruh siswa dan guru melakukannya,
meski di laksanakan di ruang kelas karena di KB tidak mempunyai halaman luas.
BAB V
KESIMPULAN
DAN SARAN
A.
Kesimpulan
Dari Tabulasi
analisis data dapat disimpulkan beberapa hal, yaitu sebagai berikut:
1.
KB Siti Khadijah menerapkan pembelajaran bergerak
melalui irama musik dengan tujuan untuk melatih keterampilan gerak dan fisik
anak dalam menjaga kesehatan tubuh.
2.
Penggunaan metode praktek langsung dalam kegiatan bergerak melalui irama
musik dapat meningkatkan keterampilan gerak anak dan juga dapat menjaga
kesehatan tubuh anak itu sendiri.
3.
Dengan pemberian penghargaan berupa pujian atau nilai bintang pada anak
dapat meningkatkan rasa percaya diri anak, minat belajar anak dan motivasi anak
dalam kegiatan bergerak melalui irama musik di KB Siti Khadijah
B.
Saran-saran
1.
Untuk anak
Dalam
kegiatan belajar sebaiknya juga di kembangkanmelalui metode lainnya seperti
kegiatan bermain dalam suasana belajar yang menyenangkan
2.
Untuk Pendidik
Untuk
meningkatkan minat anak dalam bergerak melalui irama musik di KB Siti Khadijah
ada baiknya pendidik menggunakan tempat yang luas sehingga anak bergerak dengan
leluasa.
3.
Untuk Lembaga
Dalam
mengembangkan keterampilan fisik motorik berupa bergerak melalui irama musik
hendaklah KB Siti Khadijah mempunyai halaman yang luas sehingga anak akan
leluasa dan bebas bergerak serta anak akan menjadi lebih senang.
DAFTAR PUSTAKA
Carol Seefelt, dalam Moeclichatoen.
(1999). Pendidikan Anak Usia Dini.
Jakarta: PT Indeks.
Solehuddin.
2000. Konsep Dasar Pendidikan Pra Sekolah. Bandung: IPI
PERMENDIKNAS No.
58 Tahun 2009,Tentang Standar Pendidikan
Anak Usia
Dini
Sahara, Sayuti. 2000. Modul Senam Dasar, Universitas Terbuka
Sujiono, Bambang. 2010. Metode Pengembangan Fisik (Edisi Revisi). Jakarta: Universitas
Terbuka.
Tim PG.PAUD. 2013. Analisis Kegiatan Pengembangan
Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka
LEMBAR OBSERVASI
KEGIATAN PENGEMBANGAN DI
KELOMPOK BERMAIN
SITI
KHADIJAH KELURAHAN KEPATIHAN
Tanggal : 16Mei 2014
Usia :
3-4 tahun
Jumlah anak :
51 anak
No.
|
Hal-hal Unik atau Menarik yang di Temukan di
Dalam
|
Ada
|
Keterangan/Uraian/Pertanyaan
|
|
Ya
|
Tidak
|
|||
1.
|
Model
Pengembangan Kegiatan
|
√
|
Dengan
sistem Klasikal.
Pertanyaan :
|
|
2.
|
Penataan
Ruangan
|
√
|
Di
luar hanya ada 2.
Pertanyaan : mengapa
di luar hanya ada 2 APE yang di pasang?
|
|
3.
|
Kegiatan
yang di Lakukan Anak
|
√
|
Dalam
kegiatan bergerak melalui irama music anak melakukan di dalam ruang kelas.
Pertanyaan : mengapa
anak melakukan kegiatan bergerak melalui irama musik tidak di luar kelas?
|
|
4.
|
Alat
Peraga Edukatif (APE) yang di Gunakan
|
√
|
Yang di gunakan adalah
TV dan CD player.
Pertanyaan : Mengapa
APE menggunakan TV dan CD Player?
|
|
5.
|
Pengaturan
atau Pengelompokkan Anak
|
√
|
Anak-anak
berdiri berbaris di dalam ruang kelas menjadi 4
kelompok.
Pertanyaan :
mengapa posisi anak berdiri berbaris menjadi 4 kelompok, 1 guru
di depan 4 guru di belakang?
|
|
6.
|
Cara
Pendidik Memimpin Kegiatan
|
√
|
Guru membariskan
anak-anak.
|
|
7.
|
Peran
Orang Tua
|
√
|
Ada 1 orang tua berada
di dalam ruang kelas.
Pertanyaan : apa peran orang tua tersebut di dalam kelas?
|
|
8.
|
Evaluasi
Kegiatan Anak
|
√
|
Guru mengevaluasi anak
setelah melakukan kegiatan.
Pertanyaan : bagaimana cara mengevaluasi anak dalam kegiatan?
|
WAWANCARA PENULIS DENGAN PENDIDIK KELOMPOK
BERMAIN SITI
KHADIJAH KELURAHAN KEPATIHAN
Penulis : Assalamu ’alaikum Wr.
Wb.
Pedidik KB : Wa’alikum salam Wr.Wb
Penulis : Bu, saya mau bertanaya tentang kegiatan belajar di KB
Siti Khadijah?
Pendidik KB : Silahkan, saya akan menjawab sebisa saya.
Penulis : pada usia berapa anak bisa masuk di KB ini?
Pendidik KB :
antara usia 3 sampai 4 tahun.
Penulis : Apakah yang masuk di KB ini dari lingkungan
sekitar ini?
Pendidik KB :
Oh tidak,,, bahkan hanya sebagian
kecil dari lingkungan sini, tetapi sebagian besar malah dari desa lain.
Penulis : Program apa saja yang ada di KB Siti Khadijah?
Pendidik KB : Pengembangan yang kami tekankan pada program pengembangan nilai agama dan
moral.
Penulis : Kenapa?
Pendidik KB : Karena sekolah kami dalam naungan muslimat jadi programnya ikut muslimat
dan menginginkan anaknya bisa menjadi anak yang berbudi luhur.
Penulis : apakah pada waktu kegiatan awal terbiasa
mengucapkan do’a-do’a pendek, sholawatan dan bacaan lain sebelum kegiatan inti?
Pendidik KB : ya, kami selalu membiasakannya sehingga dengan sendirinya mereka hafal.
Penulis : Bu, tadi waktu istirahat saya melihat anak-anak
membeli jajan pada bu guru, kenapa?
Pendidik KB : Ya, memang anak-anak KB waktu istirahat tidak boleh jajan di luar karena
depan sekolah jalan raya dan juga menghawatirkan ketika jajanannya kurang
sehat.
Penulis : begitu
ya bu, dari kami mengucapkan banyak terima kasih kepada Ibu yang berkenan
menjawab pertanyaan dari kami, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan untuk
kami. Wasaalamu ‘alaikum.
Pendidik KB : Wa’alikum salam.
WAWANCARA PENULIS DENGAN KEPALA KELOMPOK
BERMAIN SITI
KHADIJAH KELURAHAN KEPATIHAN
Penulis : Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Kepala KB : Wa’alikum salam Wr.Wb
Penulis : Setelah Observasi ke KB
ibu, ada beberapa yang ingin kami tanyakan kepada ibu mengenai KB Siti Khadijah ini,
bersediakah ibu menjawab?
Kepala KB : Oh ya, saya bersedia menjawab?
Penulis : Berapa jumlah anak didik
KB ini Bu?
Kepala KB : Jumlah anak didik semuanya ada
51 anak dengan jumlah pendidik 5
Penulis : apa Visi dan Misi di
lembaga ini Bu?
Kepala KB : Visi kami adalah menjadikan
dunia anak menjadi lebih bermakan, sedangkan Misinya adalah memadukan dan
mengembangkan PAUD, meningkatkan peran serta masyarakat dalam menyelesaikan
persoalan anak dan membangun kepercayaan dan mengembangkan kerja sama dengan
segala pihak.
Penulis : untuk mencapai tujuan
terebut, program apa yang ibu terapkan?
Kepala KB : Programnya sama dengan KB yang
lain hanya kami lebih menekankan pada Potensi anak sejak dini dan menjadikan
dunia anak lebih bermakna.
Penulis : Untuk pembelajarannya
menggunakan system apa bu?
Kepala KB : Kami menggunakan klasikal
karena melihat anak didik yang sangat banyak dan ruangan yang tidak memadai.
Penulis : Untuk APE diluar, kenapa
hanya 2 yang di pasang bu?
Kepala KB : Ya, karena sekolah kami tidak
punya halaman yang luas dan depan sekolah kami adalah jalan raya.
Penulis : Maaf Bu, apakah KB ini
menggunakan kurikulum yang diterbitkan oleh pemerintah?
Kepala KB : Ya, tentu saja kami menggunakan
pembelajaran PERMENDIKNAS 58 yang di terbitkan oleh pemerintah.
Penulis : Baiklah Bu, nanti kalau
saya butuh informasi tentang KB ini bolehkah saya datang lagi?
Kepala KB : Tentu saja, silahkan datang
kapan saja.
Penulis : Kami mengucapkann terima
kasih atas partisipasi dan jawaban di tiap pertanyaan yang kami sampaikan,
semoga bermanfaat bagi kami
Kepala KB : Ya sama-sama.
Comments
Post a Comment