PKP BAB III



BAB III
PELAKSANAAN PENELITIAN DAN PERBAIKAN PEMBELAJARAN
A.    SUBJEK, TEMPAT DAN WAKTU PELAKSANAAN, PIHAK YANG MEMBANTU
  1. Subjek Penelitian
Subjek penelitiannya adalah anak didik Kelompok B TK Bahari Wonokerto wetan Kecamatan Wonokerto Kabupaten Pekalongan dengan jumlah anak didik 20 anak, terdiri dari 11 laki-laki dan 9 perempuan. Daftar anak TK Bahari Wonokerto Wetan dapat dilihat dari tabel berikut:

Tabel 1
Daftar Anak Didik Kelompok B TK Bahari Wonokerto Wetan
No.
Peserta Didik
Jenis Kelamin
1.
Adiella Putri Riani
P
2.
Alaik Rizki Z. Mustofa
L
3.
Almira Himmatul Ulya
P
4.
Aufa A. Mubaroq
L
5.
Daniyah Annisa Rahmawati
P
6.
Fanziah Utami
P
7.
Farel Erlangga
L
8.
Imelda Charista Elliani
P
9.
Ilmi Lailatus Sarifah
P
10.
Kun Hidayatullah
L
11.
M. Alfa Riza
L
12.
M. Hashirul Huda
L
13.
M. Khoirul Basyar
L
14.
M. Ulil Albab
L
15.
Mahaba Ilmi Allaidrus
P
16.
Mandariani
P
17.
Miftakhul Mufidah
P
18.
Restu Andri Prasetyo
L
19.
Willy Supono
L
20.
Zaka Havizh Firmansyah
L

  1. Tempat Penelitian
Penelitian ini dilakukan pada peserta didik Kelompok B TK Bahari Wonokerto Wetanyang terletak di Desa Wonokerto wetan Rt 02 Rw 01 Kecamatan Wonokerto Kabupaten Pekalongan dengan alasan karena kurang optimalnya kemampuan siswa dalam pemahaman konsep bilangan 1-10 sekaligus kurang optimalnya pembelajaran yang diterapkan guru dalam menunjangnya, sehingga perlu perbaikan dan penanganan untuk meningkatkan kegiatan yang akan menunjangnya.

a.      Profil Sekolah
Nama                                 : TK BAHARI
Alamat                              : Desa Wonokerto wetan Rt 02 Rw 01 Kecamatan Wonokerto Kabupaten Pekalongan
Nomor Induk Sekolah      : 000090
Nomor Statistik Sekolah   : 002 032 619005
Tahun Berdiri                    : 1 September 1985
Luas Tanah                        : 15 ubin (210 m2)
Luas Bangunan                 : 115 m2

b.      Sarana dan Prasarana
1)      Data Ruang
Ø  Ruang Belajar Kelompok A          : 1 unit
Ø  Ruang Belajar Kelompok B          : 1 unit
Ø  Ruang Kantor                               : 1 unit
2)      Data Alat Permainan
Ø  Ayunan
Ø  Papan Titian
Ø  Papan Luncur
Ø  Bola Putar
Ø  Bak air
Ø  Kapal-kapalan
Ø  Kuda-kudaan.
3)      Tenaga Pendidik
Tabel 2
Tenaga Pendidik TK Bahari Wonokerto Wetan
No.
Nama/NIP
Jabatan
L/P
TTL
Ijazah Terakhir
TMT
1.
Supeni, S. Pd. AUD
NIP. 196307161986032009
Kepala TK
P
 Pkl, 16-07-1963
S1 PAUD
01-03-1986
2.
Raswati, A.Ma. Pd.
Guru
P
 Pkl, 16-09-1974
DII PGTK
01-07-2001
3.
Ninik Asyati A.Ma. Pd.
Guru
P
 Pkl, 23-03-1982
DII PGTK
01-10-2003
4.
Wiwik Harsinah, A.Ma. Pd.
Guru
P
 Pkl, 29-03-1980
DII PGTK
19-07-2004

c.       Tema Penelitian
Penelitian ini terdiri dari dua Siklus dengan tema Kebutuhanku dan Binatang.
d.      Waktu Penelitian
Penelitian tindakan kelas dilaksanakan selama 2 bulan yaitu bulan September hingga Oktober pada semester I tahun pelajaran 2014/2015 dengan rangkaian sebagai berikut:
1.      Tahap Persiapan
Tahap persiapan dilakukan pada bulan September minggu ke-2 dan minggu ke-3
2.      Pra Siklus
Penelitian pada pra Siklus dilaksanakan pada bulan September minggu ke-3 tanggal 15-19 September 2014
3.      Penelitian Siklus I
Penelitian pada Siklus I dilaksanakan pada bulan Oktober minggu ke-3 tanggal 13-17 Oktober 2014
4.      Penelitian Siklus II
Penelitian pada pra Siklus dilaksanakan pada bulan Oktober minggu ke-4 tanggal 20-24 Oktober 2014
5.      Penyusunan laporan dilaksanakan pada bulan Nopember sampai Desember 2014
Tabel 3
Penelitian Tindakan Kelas
No
Kegiatan

September
Oktober
Nopember
Desember
1.
Tahap Persiapan
ü  
ü  














2.
Pra Siklus


ü  













3.
Siklus I






ü  









4.
Siklus II







ü  








5.
Pembuatan Laporan








ü  
ü  
ü  
ü  
ü  
ü  
-
-

  1. Waktu Pelaksanaan
Penelitian ini dilakukan pada hari-hari efektif kegiatan belajar mengajar dengan waktu sebagai berikut:
a.       Tahap persiapan selama dua minggu dilaksanakan setelah selesai mengajar pukul 10.45 WIB. Sampai selesai
b.      Pelaksanaan Siklus I selama satu minggu dilaksanakan pada pukul 07.30-10.00 WIB
c.       Tahap Siklus II selama satu minggu dilaksanakan pada pukul 07.30-10.00 WIB
d.      Tahap pembuatan laporan selama enam minggu dilaksanakan setelah selesai mengajar

B.     DESKRIPSI TIAP SIKLUS
Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari pra Siklus dan 2 Siklus.
               1.         Rencana Pelaksanaan
A.    Pra Siklus
1.      Perencanaan
a.       Bidang pengembangan nilai agama dan moral, kognitif, fisik motorik, bahasa dan sosial emosional
b.      Tema: Kebutuhanku
c.       Indikator Kognitif C.1.36 Membilang (mengenal konsep bilangan dengan benda-benda) 1-10 dengan gambar-gambar.
d.      Indikator Bahasa C.4.28 menyebutkan kata yang berawalan sama.
e.       Indikator fisik Motorik A.2.13 melakukan senam fantasi menirukan gerakan mandi.
f.       Indikator Fisik Motorik B.3.55 mewarnai gambar baju, celana, sepatu
g.      Indikator Kognitif B.4.32 memperkirakan urutan berikutnya dari gambar baju yang kecil ke baju yang besar dengan angka.
h.      Kegiatan pembukaan/awal kegiatan tanya jawab tentang perlengkapan yang disiapkan untuk berangkat sekolah dan anak melakukan senam fantasi gerakan mandi untuk persiapan berangkat sekolah.
i.        Kegiatan inti yaitu menyebutkan kata-kata yang berawalan sama, mewarnai gambar baju, Celana, sepatu dan membilang (mengenal konsep bilangan dengan benda-benda) 1-10 dengan gambar-gambar.
j.        Media yang digunakan lembar kerja dan gambar-gambar kebutuhanku seperti celana, sepatu, baju dan kartu angka.
k.      Strategi pembelajaran melalui pemberian tugas.
2.      Pelaksanaan
a.       Pada kegiatan awal + 30 menit akan diisi anak dengan berbaris, berdo’a, berbagi cerita, tanya jawab dan fisik motorik kasar.
b.      Pada kegiatan inti + 60 menit akan diisi dengan menyebutkan kata-kata yang berwalan sama, mewarnai gambar baju, celana, sepatu dan membilang (mengenal konsep bilangan dengan benda-benda) 1-10 dengan menggunakan gambar-gambar
c.       Kegiatan akhir + 30 menit akan diisi kegiatan memperkirakan urutan berikutnya dengan gambar baju kecil ke baju yang besar dengan angka.
·         Langkah-langkah Kegiatan
-          Guru mengawali kegiatan dengan berdo’a bersama-sama, bernyanyi dan berbagi cerita
-          Guru mengajak anak tanya jawab dan melakukan kegiatan jasmani
-          Guru menjelaskan kegiatan yang akan dilaksanakan
-          Anak memperhatikan
-          Guru memberikan tugas pada anak 3 keiatan secara bergantian
-          Anak mengerjakan tugas secara bergantian
·         Penataan Ruang
Anak duduk membentuk 3 kelompok
·         Pengorganisasian
Kegiatan awal dilaksanakan secara klasikal dan dalam kegiatan inti anak melakukan secara individual dan di kegiatan akhir melakukan secara individual.
3.      Pengamatan
Metode pemberian tugas di gunakan untuk mengamati tingkat pemahaman anak di dalam kegiatan perbaikan pembelajaran dalam rangka meningkatkan konsep bilangan melalui permainan berhitung dalam kegiatan permainan berhitung. Hanya beberapa anak saja yang mau mengerjakan namun yang lain masih suka bermain sendiri.
4.      Dari hasil kegiatan permainan berhitung dengan gambar memberi perubahan suasanan pembelajaran di dalam kelas antara lain:
a.       Pemahaman konsep pada anak meningkat.
b.      Anak berusaha melakukan permainan berhitung dengan gambar walaupun masih ada beberapa anak yang mempunyai kemampuan untuk melakukan permainan berhitung.
c.       Guru mengamati anak yang mampu melakukan permainan berhitung dengan gambar-gambar
d.      Alat penilaian menggunakan penugasan

B.     Siklus I
1.      Tujuan
Meningkatkan pemahaman konsep bilangan 1-10 melalui permainan berhitung dengan gambar pada kelompok B TK Bahari Wonokerto wetan Kecamatan Wonokerto Kabupaten Pekalongan.
2.      Tindakan yang Akan di Laksanakan
Adapun kegiatan yang di rencanakan dalam satu siklus adalah sebagai berikut:
RKH I    : Membilang atau menyebut urutan bilangan dengan memberi angka  pada gambar
RKH II  : Membuat angka 1-10 dalam bentuk titik-titik di papan tulis
RKH III : Tugas menebalkan angka-angka pada lembar kerja.
RKH IV : Memasang kartu angka sesuai dengan jumlah gambar baju yang disediakan
RKH V  : Memasangkan angka pada gambar sesuai dengan jumlahnya dengan cara berhitung.
3.      Langkah-langkah Perbaikan
a.       Perencanaan merupakan respon dari refleksi awal berdasarkan hasil pembelajaran permainan berhitung dengan gambar berkaitan dengan kebutuhan sehari-hari. Tahap-tahap yang dilakukan anatara lain:
-          Menyusun RKH
-          Mendiskusikan desain pembelajaran berdasarkan masukan dan saran teman sejawat maupun pembimbing.
-          Revisi dan pengesahan desain pembelajaran berdasarkan masukan dan saran teman sejawat dan pembimbing.
b.      Pelaksanaan.
-          Penelitian dilaksanakan selama 5 (Lima) hari
-          Dilaksanakan pada semester 1
-          Tema Kebutuhanku
-          Tanggal 13 s/d 17 Oktober 2014
-          Jadwal kegiatan:
1.      Kegiatan Awal (+ 30 menit)
2.      Kegiatan Inti (+ 60 menit)
3.      Istirahat (+ 30 menit)
4.      Kegiatan Akhir (+ 30 menit)

C.     Siklus II
1.      Tujuan
Meningkatkan pemahaman konsep bilangan 1-10 melalui permainan berhitung dengan gambar pada kelompok B TK Bahari Wonokerto wetan Kecamatan Wonokerto Kabupaten Pekalongan.
2.      Tindakan yang Akan di Laksanakan
Adapun kegiatan yang di rencanakan dalam satu siklus adalah sebagai berikut:
RKH I    : Memberi lingkaran pada lambang bilanga yang sesuai dengan gambar
RKH II  : Melengkapi gambar yang sesuai dengan angkanya
RKH III : Melengkapi angka 1-10 pada gambar kupu-kupu.
RKH IV : Mengurutkan gambar ikan yang terkecil ke ikan yang terbesar dengan memberi angka dibawah gambar
RKH V  : Menghitung gambar dan mengambil kartu angka yang sesuai dengan jumlahnya.
3.      Langkah-langkah Perbaikan
a.       Perencanaan merupakan respon dari refleksi awal berdasarkan hasil pembelajaran pemahaman konsep bilangan 1-10 melalui permainan dengan dengan gambar yang berkaitan dengan binatang. Tahap-tahap yang dilakukan anatara lain:
-          Menyusun RKH
-          Mendiskusikan desain pembelajaran berdasarkan masukan dan saran teman sejawat maupun pembimbing.
-          Revisi dan pengesahan desain pembelajaran berdasarkan masukan dan saran teman sejawat dan pembimbing.
b.      Pelaksanaan.
-          Penelitian dilaksanakan selama 5 (Lima) hari
-          Dilaksanakan pada semester 1
-          Tema Binatang
-          Tanggal 20 s/d 24 Oktober 2014
-          Jadwal kegiatan:
1.      Kegiatan Awal (+ 30 menit)
2.      Kegiatan Inti (+ 60 menit)
3.      Istirahat (+ 30 menit)
4.      Kegiatan Akhir (+ 30 menit)

               2.   Pelaksanaan Penelitian
a.       Prosedur Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
Dalam pelaksanaan PTK Penulis dibantu oleh:
Nama                                 : Maesaroh, S. Pd. AUD.
Jabatan                              : Guru
Pengalaman Mengajar       : 14 tahun
Selanjutnya disebut Penilai 2/teman sejawat
Nama                                 : Supeni, S. Pd. AUD.
Jabatan                              : Kepala TK
Pengalaman Mengajar       : 28 tahun
Selanjutnya disebut Supervisor 2/Penilai 1
Tugas Penilai 1 dan 2 adalah:
1)      Mengamati pelaksanaan KBM yang dilakukan Peneliti
2)      Menilai RKH terakhir yang buat mahasiswa menggunakan APKG 1 dan 2
3)      Menilai pelaksanaan RKH terakhir dengan menggunakan APKG 1 dan 2
4)      Menyerahkan APKG 1 dan 2 kepada peneliti guna di jelaskan sebagai masukan untuk menentukan langkah perencanaan tindakan berikutnya.
b.      Prosedur Kegiatan Pengembangan Kegiatan
Prosedur kegiatan pada kondisi pra siklus yaitu guru belum menggunakan alat peraga sehingga kemampuan anak dalam pemahaman konsep bilangan 1-10 melalui permainan berhitung dengan gambar masih rendah. Guru mengadakan tindakan Siklus I dan II dan kondisi akhir di duga melalui permainan berhitung dengan gambar dapat meningkatkan berhitung pada anak
c.       Prosedur umum kegiatan Pengembangan atau Pelaksanaan PTK
Secara umum prosedur pelaksanaan kegiatan perbaikan pembelajaran berjalan melalui tahap-tahap awal (refleksi) yang bertujuan untuk mengidentifikasi masalah, menganalisis masalah, dan merumuskan masalah, merencanakan (planning), melakukan tindakan (acting), melakukan pengamatan (Observing), melakukan (reflecting). Dengan tujuan melihat kelemahan dan kelebihan tindakan perbaikan yang telah dilakukan untuk merencanakan perbaikan kegiatan selanjutnya.

               3.   Pengamatan/Pengumpulan Data/Instrumen
Pengamatan Siklus I dan Siklus II menggunakan:
a.       Teknik Pengumpulan Data
Dalam penelitian tindakan kelas ini, pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti menggunakan:
-          Observasi
-          Dokumentasi
b.      Alat Pengumpulan Data
Alat yang digunakan dalam pengumpulan data berupa lembar observasi, dokumen berupa nama siswa, hasil penilaian kerja anak, dan foto-foto kegiatan anak.
c.       Jenis Data
1.      Data Kualitatif
Data hasil observasi pelaksanaan kegiatan pengembangan pada masing-masing Siklus
2.      Data Kuantitatif
Data yang diperoleh dari hasil kerja anak akhir kegiatan masing-masing Siklus
d.      Teknik Analisis Data
Kegiatan analisi kegiatan dilaksanakan pada akhir Siklus pembelajaran analisis meliputi:
1.      Prestasi belajar siswa
2.      Motivasi belajar siswa

Untuk mengetahui berapa jauh motivasi siswa selama mengikuti kegiatan pembelajaran, data yang terdapat dalam lembar pengamatan akan dihitung rata-rata frekuensi aktivitas belajar siswa (K= Kurang, C= Cukup, B= Baik) yang dikelompokkan dalam 5 aspek pengamatan dengan menggunakan rumus:
Aktivitas Belajar Siswa     = Siswa tingkat KBC X 100%
Siswa yang masuk
Tingkat K.B.C

               4.   Refleksi
a.       Gambaran secara Umum Siklus I
1.      Kekuatan
-          Tindakan perbaikan memilikiperencanaan yang matang
-          Meningkatkan kemampuan berhitung anak
-          Anak lebih aktif dan senang mengerjakan tugas dari guru
2.      Kelemahan
Waktu yang dibutuhkan terbatas, sehingga hasilnya kurang maksimal

b.      Gambaran secara Umum Siklus II
1.      Kekuatan
-          Pemahaman konsep bilangan pada anak meningkat
-          Anak lebih tertarik untuk berpatisipasi dalam kegiatan
-          Media dan sumber belajar lebih variatif
2.      Kelemahan
Apabila kurang penekanan dalam proses pembelajaran terhadap

Comments

  1. terima kasih sangat bermanfaat, untuk refrensi tentang PKP yang lengkap siklakan cek di https://sanjayaopssdn1.blogspot.co.id

    ReplyDelete
  2. Trims, menjadi referensi dalam penyusunan laporan PKP

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts