PKP BAB III
BAB III
PELAKSANAAN PENELITIAN DAN PERBAIKAN PEMBELAJARAN
A. SUBJEK, TEMPAT DAN WAKTU PELAKSANAAN, PIHAK YANG MEMBANTU
- Subjek Penelitian
Subjek penelitiannya adalah
anak didik Kelompok B TK Bahari Wonokerto wetan Kecamatan Wonokerto Kabupaten
Pekalongan dengan jumlah anak didik 20 anak, terdiri dari 11 laki-laki dan 9 perempuan.
Daftar anak TK Bahari Wonokerto Wetan dapat dilihat dari tabel berikut:
Tabel 1
Daftar Anak Didik Kelompok B TK Bahari Wonokerto Wetan
No.
|
Peserta Didik
|
Jenis Kelamin
|
1.
|
Adiella Putri Riani
|
P
|
2.
|
Alaik Rizki Z. Mustofa
|
L
|
3.
|
Almira Himmatul Ulya
|
P
|
4.
|
Aufa A. Mubaroq
|
L
|
5.
|
Daniyah Annisa Rahmawati
|
P
|
6.
|
Fanziah Utami
|
P
|
7.
|
Farel Erlangga
|
L
|
8.
|
Imelda Charista Elliani
|
P
|
9.
|
Ilmi Lailatus Sarifah
|
P
|
10.
|
Kun Hidayatullah
|
L
|
11.
|
M. Alfa Riza
|
L
|
12.
|
M. Hashirul Huda
|
L
|
13.
|
M. Khoirul Basyar
|
L
|
14.
|
M. Ulil Albab
|
L
|
15.
|
Mahaba Ilmi Allaidrus
|
P
|
16.
|
Mandariani
|
P
|
17.
|
Miftakhul Mufidah
|
P
|
18.
|
Restu Andri Prasetyo
|
L
|
19.
|
Willy Supono
|
L
|
20.
|
Zaka Havizh Firmansyah
|
L
|
- Tempat Penelitian
Penelitian ini dilakukan pada
peserta didik Kelompok B TK Bahari Wonokerto Wetanyang terletak di Desa
Wonokerto wetan Rt 02 Rw 01 Kecamatan Wonokerto Kabupaten Pekalongan dengan
alasan karena kurang optimalnya kemampuan siswa dalam pemahaman konsep bilangan
1-10 sekaligus kurang optimalnya pembelajaran yang diterapkan guru dalam
menunjangnya, sehingga perlu perbaikan dan penanganan untuk meningkatkan
kegiatan yang akan menunjangnya.
a.
Profil Sekolah
Nama :
TK BAHARI
Alamat : Desa Wonokerto wetan Rt 02 Rw 01
Kecamatan Wonokerto Kabupaten Pekalongan
Nomor Induk Sekolah : 000090
Nomor Statistik Sekolah : 002 032 619005
Tahun Berdiri : 1 September 1985
Luas Tanah : 15 ubin (210 m2)
Luas Bangunan : 115 m2
b.
Sarana dan Prasarana
1)
Data Ruang
Ø Ruang Belajar Kelompok A :
1 unit
Ø Ruang Belajar Kelompok B :
1 unit
Ø Ruang Kantor :
1 unit
2)
Data Alat Permainan
Ø Ayunan
Ø Papan Titian
Ø Papan Luncur
Ø Bola Putar
Ø Bak air
Ø Kapal-kapalan
Ø Kuda-kudaan.
3)
Tenaga Pendidik
Tabel 2
Tenaga Pendidik TK Bahari Wonokerto Wetan
No.
|
Nama/NIP
|
Jabatan
|
L/P
|
TTL
|
Ijazah Terakhir
|
TMT
|
1.
|
Supeni, S.
Pd. AUD
NIP. 196307161986032009
|
Kepala TK
|
P
|
Pkl, 16-07-1963
|
S1 PAUD
|
01-03-1986
|
2.
|
Raswati,
A.Ma. Pd.
|
Guru
|
P
|
Pkl, 16-09-1974
|
DII PGTK
|
01-07-2001
|
3.
|
Ninik Asyati
A.Ma. Pd.
|
Guru
|
P
|
Pkl, 23-03-1982
|
DII PGTK
|
01-10-2003
|
4.
|
Wiwik
Harsinah, A.Ma. Pd.
|
Guru
|
P
|
Pkl, 29-03-1980
|
DII PGTK
|
19-07-2004
|
c.
Tema Penelitian
Penelitian ini terdiri dari dua
Siklus dengan tema Kebutuhanku dan Binatang.
d.
Waktu Penelitian
Penelitian tindakan kelas
dilaksanakan selama 2 bulan yaitu bulan September hingga Oktober pada semester
I tahun pelajaran 2014/2015 dengan rangkaian sebagai berikut:
1.
Tahap Persiapan
Tahap persiapan dilakukan pada
bulan September minggu ke-2 dan minggu ke-3
2.
Pra Siklus
Penelitian pada pra Siklus
dilaksanakan pada bulan September minggu ke-3 tanggal 15-19 September 2014
3.
Penelitian Siklus I
Penelitian pada Siklus I
dilaksanakan pada bulan Oktober minggu ke-3 tanggal 13-17 Oktober 2014
4.
Penelitian Siklus II
Penelitian pada pra Siklus
dilaksanakan pada bulan Oktober minggu ke-4 tanggal 20-24 Oktober 2014
5.
Penyusunan laporan
dilaksanakan pada bulan Nopember sampai Desember 2014
Tabel 3
Penelitian Tindakan Kelas
No
|
Kegiatan
|
|
|||||||||||||||
September
|
Oktober
|
Nopember
|
Desember
|
||||||||||||||
1.
|
Tahap Persiapan
|
ü
|
ü
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
Pra Siklus
|
|
|
ü
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
Siklus I
|
|
|
|
|
|
|
ü
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
Siklus II
|
|
|
|
|
|
|
|
ü
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
Pembuatan Laporan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
-
|
-
|
- Waktu Pelaksanaan
Penelitian ini dilakukan pada hari-hari efektif kegiatan
belajar mengajar dengan waktu sebagai berikut:
a.
Tahap persiapan
selama dua minggu dilaksanakan setelah selesai mengajar pukul 10.45 WIB. Sampai
selesai
b.
Pelaksanaan Siklus
I selama satu minggu dilaksanakan pada pukul 07.30-10.00 WIB
c.
Tahap Siklus II
selama satu minggu dilaksanakan pada pukul 07.30-10.00 WIB
d.
Tahap pembuatan
laporan selama enam minggu dilaksanakan setelah selesai mengajar
B.
DESKRIPSI TIAP SIKLUS
Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri
dari pra Siklus dan 2 Siklus.
1.
Rencana Pelaksanaan
A.
Pra
Siklus
1.
Perencanaan
a.
Bidang
pengembangan nilai agama dan moral, kognitif, fisik motorik, bahasa dan sosial
emosional
b.
Tema:
Kebutuhanku
c.
Indikator
Kognitif C.1.36 Membilang (mengenal konsep bilangan dengan benda-benda) 1-10
dengan gambar-gambar.
d.
Indikator
Bahasa C.4.28 menyebutkan kata yang berawalan sama.
e.
Indikator
fisik Motorik A.2.13 melakukan senam fantasi menirukan gerakan mandi.
f.
Indikator
Fisik Motorik B.3.55 mewarnai gambar baju, celana, sepatu
g.
Indikator
Kognitif B.4.32 memperkirakan urutan berikutnya dari gambar baju yang kecil ke
baju yang besar dengan angka.
h.
Kegiatan
pembukaan/awal kegiatan tanya jawab tentang perlengkapan yang disiapkan untuk
berangkat sekolah dan anak melakukan senam fantasi gerakan mandi untuk
persiapan berangkat sekolah.
i.
Kegiatan
inti yaitu menyebutkan kata-kata yang berawalan sama, mewarnai gambar baju,
Celana, sepatu dan membilang (mengenal konsep bilangan dengan benda-benda) 1-10
dengan gambar-gambar.
j.
Media
yang digunakan lembar kerja dan gambar-gambar kebutuhanku seperti celana,
sepatu, baju dan kartu angka.
k.
Strategi
pembelajaran melalui pemberian tugas.
2.
Pelaksanaan
a.
Pada
kegiatan awal + 30 menit akan diisi anak dengan berbaris, berdo’a,
berbagi cerita, tanya jawab dan fisik motorik kasar.
b.
Pada
kegiatan inti + 60 menit akan diisi dengan menyebutkan kata-kata yang
berwalan sama, mewarnai gambar baju, celana, sepatu dan membilang (mengenal
konsep bilangan dengan benda-benda) 1-10 dengan menggunakan gambar-gambar
c.
Kegiatan
akhir + 30 menit akan diisi kegiatan memperkirakan urutan berikutnya
dengan gambar baju kecil ke baju yang besar dengan angka.
·
Langkah-langkah
Kegiatan
-
Guru
mengawali kegiatan dengan berdo’a bersama-sama, bernyanyi dan berbagi cerita
-
Guru
mengajak anak tanya jawab dan melakukan kegiatan jasmani
-
Guru
menjelaskan kegiatan yang akan dilaksanakan
-
Anak
memperhatikan
-
Guru
memberikan tugas pada anak 3 keiatan secara bergantian
-
Anak
mengerjakan tugas secara bergantian
·
Penataan
Ruang
Anak
duduk membentuk 3 kelompok
·
Pengorganisasian
Kegiatan
awal dilaksanakan secara klasikal dan dalam kegiatan inti anak melakukan secara
individual dan di kegiatan akhir melakukan secara individual.
3.
Pengamatan
Metode pemberian tugas di gunakan untuk mengamati
tingkat pemahaman anak di dalam kegiatan perbaikan pembelajaran dalam rangka
meningkatkan konsep bilangan melalui permainan berhitung dalam kegiatan permainan
berhitung. Hanya beberapa anak saja yang mau mengerjakan namun yang lain masih
suka bermain sendiri.
4.
Dari
hasil kegiatan permainan berhitung dengan gambar memberi perubahan suasanan
pembelajaran di dalam kelas antara lain:
a.
Pemahaman
konsep pada anak meningkat.
b.
Anak
berusaha melakukan permainan berhitung dengan gambar walaupun masih ada
beberapa anak yang mempunyai kemampuan untuk melakukan permainan berhitung.
c.
Guru
mengamati anak yang mampu melakukan permainan berhitung dengan gambar-gambar
d.
Alat
penilaian menggunakan penugasan
B.
Siklus
I
1.
Tujuan
Meningkatkan pemahaman konsep bilangan 1-10 melalui
permainan berhitung dengan gambar pada kelompok B TK Bahari Wonokerto wetan Kecamatan Wonokerto Kabupaten Pekalongan.
2.
Tindakan
yang Akan di Laksanakan
Adapun kegiatan yang di rencanakan dalam satu siklus
adalah sebagai berikut:
RKH I :
Membilang atau menyebut urutan bilangan dengan memberi angka pada gambar
RKH II :
Membuat angka 1-10 dalam bentuk titik-titik di papan tulis
RKH III : Tugas
menebalkan angka-angka pada lembar kerja.
RKH IV :
Memasang kartu angka sesuai dengan jumlah gambar baju yang disediakan
RKH V :
Memasangkan angka pada gambar sesuai dengan jumlahnya dengan cara berhitung.
3.
Langkah-langkah
Perbaikan
a.
Perencanaan
merupakan respon dari refleksi awal berdasarkan hasil pembelajaran permainan
berhitung dengan gambar berkaitan dengan kebutuhan sehari-hari. Tahap-tahap
yang dilakukan anatara lain:
-
Menyusun
RKH
-
Mendiskusikan
desain pembelajaran berdasarkan masukan dan saran teman sejawat maupun
pembimbing.
-
Revisi
dan pengesahan desain pembelajaran berdasarkan masukan dan saran teman sejawat
dan pembimbing.
b.
Pelaksanaan.
-
Penelitian
dilaksanakan selama 5 (Lima) hari
-
Dilaksanakan
pada semester 1
-
Tema
Kebutuhanku
-
Tanggal
13 s/d 17 Oktober 2014
-
Jadwal
kegiatan:
1.
Kegiatan
Awal (+ 30 menit)
2.
Kegiatan
Inti (+ 60 menit)
3.
Istirahat
(+ 30 menit)
4.
Kegiatan
Akhir (+ 30 menit)
C.
Siklus
II
1.
Tujuan
Meningkatkan pemahaman konsep
bilangan 1-10 melalui permainan berhitung dengan gambar pada kelompok B TK Bahari Wonokerto wetan Kecamatan Wonokerto Kabupaten Pekalongan.
2.
Tindakan
yang Akan di Laksanakan
Adapun kegiatan yang di rencanakan dalam satu siklus
adalah sebagai berikut:
RKH I :
Memberi
lingkaran pada lambang bilanga yang sesuai dengan gambar
RKH II : Melengkapi gambar yang sesuai
dengan angkanya
RKH III : Melengkapi angka 1-10 pada
gambar kupu-kupu.
RKH IV : Mengurutkan gambar ikan yang
terkecil ke ikan yang terbesar dengan memberi angka dibawah gambar
RKH V :
Menghitung
gambar dan mengambil kartu angka yang sesuai dengan jumlahnya.
3.
Langkah-langkah
Perbaikan
a.
Perencanaan
merupakan respon dari refleksi awal berdasarkan hasil pembelajaran pemahaman konsep bilangan 1-10
melalui permainan dengan dengan gambar yang berkaitan dengan binatang. Tahap-tahap yang dilakukan anatara
lain:
-
Menyusun
RKH
-
Mendiskusikan
desain pembelajaran berdasarkan masukan dan saran teman sejawat maupun
pembimbing.
-
Revisi
dan pengesahan desain pembelajaran berdasarkan masukan dan saran teman sejawat
dan pembimbing.
b.
Pelaksanaan.
-
Penelitian
dilaksanakan selama 5 (Lima) hari
-
Dilaksanakan
pada semester 1
-
Tema
Binatang
-
Tanggal
20 s/d 24
Oktober 2014
-
Jadwal
kegiatan:
1.
Kegiatan
Awal (+ 30 menit)
2.
Kegiatan
Inti (+ 60 menit)
3.
Istirahat
(+ 30 menit)
4.
Kegiatan
Akhir (+ 30 menit)
2. Pelaksanaan Penelitian
a.
Prosedur Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
Dalam pelaksanaan PTK Penulis dibantu oleh:
Nama :
Maesaroh, S. Pd. AUD.
Jabatan :
Guru
Pengalaman Mengajar : 14 tahun
Selanjutnya disebut Penilai 2/teman sejawat
Nama :
Supeni, S. Pd. AUD.
Jabatan :
Kepala TK
Pengalaman Mengajar : 28 tahun
Selanjutnya disebut Supervisor 2/Penilai 1
Tugas Penilai 1 dan 2 adalah:
1)
Mengamati pelaksanaan KBM yang dilakukan Peneliti
2)
Menilai RKH terakhir yang buat mahasiswa menggunakan APKG 1 dan 2
3)
Menilai pelaksanaan RKH terakhir dengan menggunakan APKG 1 dan 2
4)
Menyerahkan APKG 1 dan 2 kepada peneliti guna di jelaskan sebagai masukan
untuk menentukan langkah perencanaan tindakan berikutnya.
b.
Prosedur Kegiatan Pengembangan Kegiatan
Prosedur kegiatan pada kondisi pra siklus yaitu guru
belum menggunakan alat peraga sehingga kemampuan anak dalam pemahaman konsep
bilangan 1-10 melalui permainan berhitung dengan gambar masih rendah. Guru
mengadakan tindakan Siklus I dan II dan kondisi akhir di duga melalui permainan
berhitung dengan gambar dapat meningkatkan berhitung pada anak
c.
Prosedur umum kegiatan Pengembangan atau Pelaksanaan PTK
Secara umum prosedur pelaksanaan kegiatan perbaikan
pembelajaran berjalan melalui tahap-tahap awal (refleksi) yang bertujuan untuk
mengidentifikasi masalah, menganalisis masalah, dan merumuskan masalah,
merencanakan (planning), melakukan tindakan (acting), melakukan pengamatan
(Observing), melakukan (reflecting). Dengan tujuan melihat kelemahan dan
kelebihan tindakan perbaikan yang telah dilakukan untuk merencanakan perbaikan
kegiatan selanjutnya.
3. Pengamatan/Pengumpulan Data/Instrumen
Pengamatan Siklus I dan Siklus
II menggunakan:
a.
Teknik Pengumpulan Data
Dalam penelitian tindakan kelas ini, pengumpulan data yang digunakan oleh
peneliti menggunakan:
-
Observasi
-
Dokumentasi
b.
Alat Pengumpulan Data
Alat yang digunakan dalam pengumpulan data berupa lembar observasi, dokumen
berupa nama siswa, hasil penilaian kerja anak, dan foto-foto kegiatan anak.
c.
Jenis Data
1.
Data Kualitatif
Data hasil observasi pelaksanaan kegiatan pengembangan pada masing-masing
Siklus
2.
Data Kuantitatif
Data yang diperoleh dari hasil kerja anak akhir kegiatan masing-masing
Siklus
d.
Teknik Analisis Data
Kegiatan analisi kegiatan dilaksanakan pada akhir Siklus pembelajaran
analisis meliputi:
1.
Prestasi belajar siswa
2.
Motivasi belajar siswa
Untuk mengetahui berapa jauh motivasi siswa selama
mengikuti kegiatan pembelajaran, data yang terdapat dalam lembar pengamatan
akan dihitung rata-rata frekuensi aktivitas belajar siswa (K= Kurang, C= Cukup,
B= Baik) yang dikelompokkan dalam 5 aspek pengamatan dengan menggunakan rumus:
Aktivitas Belajar Siswa =
∑ Siswa tingkat
KBC X 100%
∑ Siswa yang masuk
Tingkat K.B.C
4. Refleksi
a.
Gambaran secara Umum Siklus I
1.
Kekuatan
-
Tindakan perbaikan memilikiperencanaan yang matang
-
Meningkatkan kemampuan berhitung anak
-
Anak lebih aktif dan senang mengerjakan tugas dari guru
2.
Kelemahan
Waktu yang dibutuhkan terbatas, sehingga hasilnya kurang maksimal
b.
Gambaran secara Umum Siklus II
1.
Kekuatan
-
Pemahaman konsep bilangan pada anak meningkat
-
Anak lebih tertarik untuk berpatisipasi dalam kegiatan
-
Media dan sumber belajar lebih variatif
2.
Kelemahan
Apabila
kurang penekanan dalam proses pembelajaran terhadap
terima kasih sangat bermanfaat, untuk refrensi tentang PKP yang lengkap siklakan cek di https://sanjayaopssdn1.blogspot.co.id
ReplyDeleteTrims, menjadi referensi dalam penyusunan laporan PKP
ReplyDelete