LEMBAR OBSERVASI
KEGIATAN PENGEMBANGAN DI TPA
AISYIYAH
DESA PENCONGAN WIRADESA
TPA : Aisyiyah Pencongan
Tanggal :
13 Mei 2013
No.
|
Hal-hal
Unik atau Menarik yang di Temukan di Dalam
|
Ada
|
Keterangan/Uraian/Pertanyaan
|
|
Ya
|
Tidak
|
|||
1.
|
Model
Pengembangan Kegiatan
|
√
|
|
Model pengembangan sentra
Pertanyaan : mengapa memilih menggunakan sentra?
|
2.
|
Penataan Ruangan
|
√
|
|
Ruangan ditata sesuai dengan sentra
masing-masing
Pertanyaan : Bagaimana cara menata sentra?
|
3.
|
Kegiatan yang di
Lakukan Anak
|
√
|
|
Di sentra seni dan kreatifitas ada beberapa kegiatan
salah satunya adalah mencetak dengan kaos kaki
Pertanyaan : Mengapa ada kegiatan mencetak sablon
dengan menggunakan kaos kaki?
|
4.
|
Alat Peraga
Edukatif (APE) yang di Gunakan
|
√
|
|
Dalam kegiatan mencetak sablon dengan menggunakan
media kaos kaki
Pertanyaan : Mengapa mencetak sablon menggunakan
kaos kaki tidak dengan media yang lain?
|
5.
|
Pengaturan atau
Pengelompokkan Anak
|
√
|
|
Dalam sentra seni dan kreatifitas ada 14 anak dalam
satu kelas
Pertanyaan : Bagaimana cara membagi kegiatan
mainnya?
|
6.
|
Cara Pendidik
Memimpin Kegiatan
|
√
|
|
Pendidik menjelaskan satu per satu kegiatan yang ada
di sentra seni dan kreatifitas serta anak diarahkan untuk memilih sesuai
minat anak.
|
7.
|
Evaluasi
Kegiatan Anak
|
√
|
|
Di sentra seni dan kreatifitas yang dinilai adalah
moral agama, bahasa, kognitif, fisik, motorik halus, sosial emosional.
|
WAWANCARA PENELITI DENGAN PENDIDIK
TPA AISYIYAH DESA PENCONGAN WIRADESA
TPA : Aisyiyah
Pencongan
Tanggal : 13 Mei 2013
Maemunah : Assalamu ’alaikum Wr. Wb.
Pedidik TPA : Wa’alikum salam Wr.Wb
Maemunah : Bu, bolehkah anda meluangkan waktunya sebentar buat saya
untuk wawancara tentang TPA Aisyiyah ini?
Pendidik TPA : Oh ya, kenapa tidak?
Maemunah : Berapa usia peserta didik di TPA Aisyiyah yang ibu asuh ini?
Pendidik TPA : Usia 2 – 6 tahun.
Maemunah : Apa keistimewaan program di TPA ini di banding TPA yang lain?
Pendidik TPA : TPA di sini memprioritaskan pendidikan agama, etika dan adab
sehari-hari sesuai dengan ajaran Rasulullah SAW. Melatih kemandirian melalui
pendidikan agama yang berakhlakul karimah.
Maemunah : Refisi apa yang ibu gunakan untuk menyusun rencana kegiatan
di TPA ini?
Pendidik TPA : Sesuai dengan PERMENDIKNAS no.58 tahun 2009 tentang STANDAR
PENDIDIKAN ANAK USIA DINI.
Maemunah : Apa manfaat dari Buku referensi tersebut?
Pendidik TPA : Banyak sekali, terutama dalam proses pembelajaran sangat membantu
pendidik dalam menyusun kegiata bermain terutama di sentra.
Maemunah : Berapa jumlah anak didik yang ibu didik?
Pendidik TPA : 36 anak.
Maemunah : Mengapa di TPA ini menggunakan model pengembangan kegiatan menggunakan
sentra?
Pendidik TPA : Agar anak mempunyai pilihan sendiri dalam pembelajaran dengan
keinginan masing-masing anak serta kegiatan belajarpun menjadi mudah dan
terarah.
Maemunah : Bagaimana cara menata ruangan sentra?
Pendidik TPA : Ruang sentra di setting sesuai dengan tema
Maemunah : Tadi saya melihat ada kegiatan mencetak gambar dengan kaos
kaki. Mengapa ada kegiatan tersebut?
Pendidik TPA : Ya, supaya berbeda dengan yang laindan kegiatan tidak monoton
Maemunah : Mengapa menggunakan kaos kaki tidak dengan media lain?
Pendidik TPA : Kami melakukan kegiatan tersebut karena jarang ada di TPA lain dan
untuk membuat penasaran, kita juga melatih anak untuk berkreatifitas dan
mempunyai jiwa seni yang tinggi dan anak bisa memanfaatkan barang bekas yang
ada di sekitarnya.
Maemunah : Bagaimana cara membagi kegiatan mainnya?
Pendidik TPA : Guru sentra menggunakan rumus densitas dan intensitas jadi kalau
ada 14 anak seharusnya kita ada 10 kegiatan main tapi karena kondisi dan
prasarana dalam tema ini kurang maka akhirnya guru hanya memfasilitasi 6
kegiatan main
Maemunah : Bagaimana cara pendidik memimpin kegiatan?
Pendidik TPA : Pendidik menjelaskan satu persatu kegiatan yang ada di sentraseni
dan kreatifitas, anak diarahkan untuk memilih sesuai dengan minat anak
Maemunah : Baiklah, dari kami mengucapkan banyak terima kasih kepada Ibu
yang berkenan menjawab pertanyaan dari kami, semoga bermanfaat dan menambah
pengetahuan untuk kami.Wasaalamu ‘alaikum.
Pendidik TPA : Wa’alikum salam.
WAWANCARA PENELITI DENGAN KEPALA
TPA AISYIYAH DESA
PENCONGAN WIRADESA
TPA :
Aisyiyah Pencongan
Tanggal :
13 Mei 2013
Maemunah : Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Kepala TPA : Wa’alikum salam Wr.Wb
Maemunah : Setelah Observasi di TPA ibu, ada beberapa yang ingin saya
tanyakan kepada ibu mengenai TPA Aisyiyah ini, bersediakah ibu menjawab?
Kepala TPA : Oh ya, saya bersedia menjawab?
Maemunah : Apa Visi Misi atau tujuan di TPA ini??
Kepala TPA :Visi
Terciptanyapendidikan
agama yang kondusif sesuai dengan Panduan Al-Qur’an dan As-sunah. Mengembangkan
seluruh potensi anak secara optimal sesuai kemampuan dan perkembangannya.
Misi
·
Membekali perkembangan
anak
·
Mengembangkan seluruh
potensi anak sedini mungkin
·
Menciptakan suasana
kondusif dan demokratis dalam perkembangan dan pertumbuhan anak selanjutnya
·
Membentuk anak sehat,
cerdas dan ceria
Tujuan TPA ini
Pendidik anak sedini mungkin guna memenuhi kebutuhan sarana pendidik
sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan anak dengan mengutamakan belajar
sambil bermain.
Maemunah : Siapa yang merancang program tersebut?
Kepala KB : Kepala, Pendidik dan Pengurus TPA
Maemunah : Mengapa di TPA ini menggunakan model pengembangan kegiatan
menggunakan sentra?
Kepala TPA : Agar anak senang karena di sentra mempunyai banyak pilihan
kegiatan sehingga anak bebas memilih kegiatan yang di minati anak.
Maemunah : Bagaimana cara menata ruangan sentra?
Kepala KB : Ruang sentra di setting sesuai dengan tema saat itu dan
disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing sentra
Maemunah : Mengapa ada kegiatan mmencetak gambar dengan kaos kaki?
Kepala TPA : Kebetulan Pendidik TPA ada yang berjualan kaos kaki, terus
sisanya kami manfaatkan untuk kegiatan anak ternyata anak-anak sangat antusias
dengan kegiatan sablon menggunakan kaos kaki
Maemunah : Mengapa menggunakan kaos kaki tidak dengan media lain?
Kepala TPA : Karena kalau mencetak dengan media alam seperti pelepah pisang
itu biasa kami lakukan. Dengan media kaos kaki itu unik dari yang lain,
sehingga anak akan merasa tertantang untuk mencobanya.
Maemunah : Bagaimana cara membagi kegiatan mainnya?
Kepala TPA : Menggunakan Rumus Densitas dan intensitas.
Maemunah : Kami mengucapkan terima kasih atas partisipasi dan jawaban di
tiap pertanyaan yang kami sampaikan, semoga bermanfaat bagi kami
Kepala TPA : Ya sama-sama.
Maemunah : Wassalamu ’alaikum
Kepala TPA : Wa’alaikum salam
Comments
Post a Comment